Budaya, Pemerintahan|October 17, 2012 1:37 pm

75 Sanggar Seni Digerojok Bantuan Rp 986 Juta

Ratusan pelaku seni se-Banyuwangi, Senin lalu (15/10) berkumpul di Aula Minakjinggo. Mereka datang untuk menerima bantuan alat kesenian dari Bupati Abdullah Azwar Anas senilai Rp 968 juta.

BANTUAN itu diberikan dalam bentuk uang tunai kepada sekitar 74 sanggar seni dan para seniman yang memiliki  edikasi dalam mengembangkan budaya dan seni lokal Banyuwangi. Bantuan yang diberikan jumlahnya bervariasi. Bantuan untuk sanggar tergantung proposal yang diajukan.

Bantuan untuk kesenian hadrah nilai bantuannya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Upacara adat seblang Desa Olehsari, Kecamatan Glagah mendapat kucuran Rp 25 juta. Kelompok seni Karawitan mendapat bantuan Rp 50 juta. Sementara, Dewan Kesenian Banyuwangi (DKB) mendapat kucuran bantuan Rp 100 juta.

Pada tahun 2011 lalu, pundi-pundi bantuan juga diberikan kepada pelaku seni di Banyuwangi. Nilainya hanya Rp 700 juta untuk 35 sanggar. Sedangkan tahun 2012, nilai bantuan meningkat menjadi Rp 968 juta. “Dari tahun ke tahun bantuan untuk pengembangan kesenian terus meningkat.

Ini sebagai bentuk komitmen yang terus menerus kami untuk memajukan kesenian dan budaya lokal,” papar Bupati Anas. Dengan bantuan ini ini para seniman dapat mengembangkan dan meningkat kualitas seni sehingga bisa tampil dan mengisi di pentas seni-seni budaya.

Bupati Anas berharap pentas-pentas seni ke depan tidak tersentral di kota saja, tetapi bisa berkembang ke seluruh wilayah di Banyuwangi, khususnya di tingkat kecamatan. Dengan demikian, masyarakat bisa terus menikmati kesenian lokal. “Kita peduli pada kesenian, karena kekuatan kebudayaan lokal menjadi penguat dan magnet pariwisata Banyuwangi,” ungkap Bupati Anas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Suprayogi menambahkan, jumlah sanggar yang ada sekitar 230 sanggar. Bantuan yang diberikan pemerintah dari tahun ke tahun terus meningkat, Pada tahun 2011 bantuan diberikan kepada 35 sanggar dan tahun 2012 naik menjadi 75 sanggar. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda