Ada Kendaraan Ojo Kepaling, Antre Urus SIM Bisa Sambil Baca Buku

0
238
Kendaraan Ojo Kepaling mangkal di belakang ruang tunggu pelayanan SIM kemarin.

BANYUWANGI – Ada yang berbeda di halaman belakang ruang tunggu Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polres Banyuwangi. Sebuah kendaraan boks roda tiga dengan muatan buku mendadak menjadi pusat perhatian warga.

Loading...

Kendaraan roda tiga itu adalah kendaraan Ojo Kepaling alias perpustakaan keliling. Motor roda tiga yang dimodifikasi menjadi perpustakaan lengkap dengan buku-buku itu langsung diserbu masyarakat yang menunggu panggilan petugas SIM.

Rak buku yang berada di kendaraan itu sedikitnya terdapat 700-an koleksi buku. Meliputi buku-buku tentang pengetahuan umum, cerita dongeng, komik, buku panduan memasak, serta buku keselamatan berlalu lintas dan pengetahuan tentang ujian pembuatan SIM.

Kasatlantas Polres Banyuwangi, AKP Ris Andriyan Yudho Nugroho mengatakan, perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu wujud dari kepedulian Polisi lalu lintas (Polantas) dalam mendukung program literasi. “Sebetulnya kendaraan ini sudah di-launching saat hari Polantas ke-62,” ujarnya.

Kendaraan tersebut diberi nama Ojo Kepaling yang merupakan bahasa Oseng yang berarti tidak tersesat. Harapannya, warga yang sedang duduk mengantre menunggu proses pembuatan dan perpanjangan SIM bisa meluangkan waktu untuk membaca agar tidak tersesat. “Karena kami sediakan buku panduan ujian SIM. Jadi, sebelum masuk ujian membuat SIM masyarakat sudah tahu gambaran apa saja yang akan diujikan,” jelasnya.

Sejauh ini, antusias masyarakat terhadap kehadiran Ojo Kepaling tersebut sangat tinggi. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan on call siap melayani masyarakat di manapun berada. ”Setiap harinya memang kita siapkan di Polsek Genteng, dan beberapa hari kami siapkan di Satpas Polres Banyuwangi. Bukti antusiasnya sangat luar biasa,” tandasnya.(radar)

loading...