Flash News
Home / Pariwisata / Air Terjun Selendang Arum masih Perawan
  

Air Terjun Selendang Arum masih Perawan

airSONGGON – Air terjun (waterfall) dengan pesona memukau baru ditemukan di lereng Gunung Raung, aliran Sungai Badeng, tepatnya di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Air terjun tersebut berketinggian sekitar 20 meter. Air terjun satu itu dinilai lebih indah dibandingkan dengan air terjun Lider di Dusun Lider, desa setempat. Keistimewaan air terjun Selendang Arum terlihat di dinding tebing yang dialiri air.

Bebatuan licin itu memancarkan kilauan saat cuaca cerah. Penemuan air terjun tersebut tampaknya membuat heboh warga sekitar. Bagaimana tidak, selama ini warga tidak pernah mengetahui air terjun tersebut. Sebab, air terjun tersebut berada di balik rerimbun pohon. Hal itu menyebabkan air terjun tersebut tidak pernah dijamah warga sekitar. Padahal, tak jauh dari air terjun tersebut adalah hamparan lahan yang ditanami sayur seladah.

Warga sekitar hanya mengetahui Air Terjun Delik. Selain sudah dikenal, akses menuju air terjun tersebut memang mudah. Penemuan air terjun eksotik itu bermula saat dua perangkat desa mencari lokasi Air Terjun Delik ‘’Saya hanya penasaran ingin lihat Air Terjun Delik. Katanya bagus,’’ ujar Sugiono, kepala urusan kesejahteraan rakyat (kaur kesra) desa setempat, saat bersama koran ini mengunjungi air terjun kemarin.

Setelah mengetahui Air Terjun Delik, katanya air terjun ter sebut masih belum cukup untuk ‘’dijual’’ sebagai tempat wi sata. Setelah itu, dia bertanya ke pada para petani seladah ba rang kali ada air terjun lain. “Katanya di bawah lagi ada grojokan,” kata Sugiono. Karena diselimuti rasa penasaran, dia bersama petani ter sebut melihat grojokan yang di maksud tersebut dari atas. Ter nyata, pemandangan air terjun tersebut cukup potensial.

‘’Se telah tahu dari atas, saya ha rus bisa melihat dari bawah,” katanya. Dia pun memutuskan mencari jalan hingga sampai ke bawah. Kendalanya, tidak ada rute yang bisa dijangkau untuk menuju lokasi. ‘’Saya terpaksa turun ke tebing, cari jalan sendiri bersama teman,” ujar Sugiono. Usaha keras tersebut membuah kan hasil. Dia kaget melihat keindahan panorama air terjun tersebut. ‘’Pencarian saya tidak sia-sia.

Setelah itu, saya rembuk sama warga untuk membuka jalan menuju air terjun. Ini bekas jalan yang baru dibuat,’’ terangnya. Dalam rembuk dengan warga itu, disepakati bahwa air terjun tersebut diberi nama Selendang Arum. ”Sebab, bebatuan di air terjun tersebut berbentuk mirip selendang. Air terjun ini saya rasa paling indah di Banyuwangi,’’ tandas Sugiono. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top