Amankan Nyepi, Ketapang Dijaga 173 Personel

0
93

KALIPURO – Agar suasana hari raya Nyepi di Pulau Bali berjalan dengan kondusif, Polres  Banyuwangi tetap akan memberikan pelayanan pengamanan secara optimal. Secara khusus, saat Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk ditutup untuk umum  pada tanggal 27–28 Maret 2016 mendatang, sebanyak 173 personel akan disiagakan di pelabuhan.

Kabagops Polres Banyuwangi, Kompol  Sujarwo mengatakan,  173 personel yang siaga tersebut tidak hanya dari pihak kepolisian saja, melainkan petugas gabungan dari pihak TNI, Satpol PP, Dishub dan petugas pelabuhan itu sendiri.

Secara resmi, ke-173 personel gabungan itu mulai bertugas sejak tanggal 25-31 Maret 2016 mendatang. Tidak hanya fokus di pelabuhan saja. Petugas gabungan yang disiagakan juga difokuskan untuk siaga di beberapa kantong parkir yang sudah disediakan seperti  di Terminal Sritanjung, Pelabuhan  Tanjung Wangi, Lapangan Stasiun Banyuwangi Baru, Lapangan Bulusan dan halaman parkir Pelabuhan ASDP Ketapang itu  sendiri.

”Mulai Sabtu (25/3),  malam secara resmi petugas gabungan disiagakan untuk Nyepi,”  tegas Sujarwo. Untuk antisipasi membeludaknya kendaraan saat Pelabuhan Ketapang ditutup, pihak kepolisian juga sudah menyediakan skenario pengalihan arus agar jalan raya depan Pelabuhan Ketapang tetap steril.

Untuk kendaraan yang menuju Situbondo dan sebaliknya dialihkan untuk melewati Jalan Lingkar Ketapang  agar tidak terjadi kemacetan  panjang di depan pelabuhan. Sekadar diketahui, Hari Raya  Nyepi Tahun Caka 1939 jatuh pada tanggal 27 Maret mendatang, pihak PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang pun sudah   mengeluarkan surat edaran mengenai penutupan jalur pelayaran   di Selat Bali.

Stake holder pelabuhan dan TNI/Polri pun mulai melakukan persiapan terkait penutupan pelabuhan yang rencananya berlangsung selama dua hari ini   General Manajer (GM) PT.  Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang, M Yusuf Hadi mengatakan Pelabuhan Ketapang akan   ditutup sejak pukul 23.00 WIB  Senin (27/3), mendatang.

Loading...

Sementara untuk Pelabuhan Gilimanuk diketahui baru mulai ditutup sejak pukul 05.30 WITA, Selasa (28/3) mendatang. Setelah Hari Raya Nyepi selesai, penyeberangan akan dibuka kembali. Sesuai jadwal, penyeberangan Pelabuhan Ketapang  dan Gilimanuk akan dibuka kembali pada pukul 04.00 WIB  atau 05.00 WITA, Rabu (29/3) mendatang.

”Pemberangkatan kapal pertama yang hendak melintasi Selat Bali akan disesuaikan waktunya,” jelas M. Yusuf Hadi. (radar)

loading...