Pemerintahan|January 17, 2013 9:43 am

APBD 2013 Lolos Verifi kasi Gubernur

BANYUWANGI – Rampung sudah proses verifikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Gubernur Jawa Timur Soekarwo tidak mempersoalkan komposisi anggaran yang sudah disahkan DPRD Banyuwangi 20 Desember 2013 lalu. Komposisi anggaran APBD 2013 sama sekali tidak mengalami perubahan. Tim anggaran Gubernur Jatim hanya memberikan catatan kecil, tapi tidak sampai mengubah komposisi APBD senilai Rp 1,88 Triliun.

“Alhamdulillah, proses verifikasi berjalan lancar. Hasilnya tidak ada perubahan,” ujar Kepala Badan Pe ngelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banyuwangi, Djadjat Sudrajat, kemarin (16/1). Dengan selesainya verifikasi, kata Djadjat, maka APBD 2013 sudah bisa dilaksanakan. Setelah verifikasi rampung, tahap selanjutnya adalah penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) oleh masing-masing satuan perangkat kerja daerah (SKPD).

Jika DPA SKPD sudah rampung dilaksanakan, lanjut Djajat, maka SKPD dapat mengajukan surat keputusan SK Uang Persediaan (UP) kepada bupati. Masing-masing SKPD mendapat jatah UP untuk menunjang kelancaran program dan kegiatan yang telah direncanakan. Besarnya UP SKPD tidak sama. Besar kecilnya UP, jelas Djadjat, disesuaikan beban kerja masing-masing SKPD “Setelah SKUP beres, bisa langsung mengajukan SPD kepada BPKAD untuk proses pencairan,” jelasnya.

Komposisi APBD 2013 yang di tetapkan, pendapatan sebesar Rp 1,755 Triliun dan belanja daerah Rp 1,885 Triliun. Surplus dan defisit APBD 2013 mencapai Rp 128 miliar. Pembiayaan penerimaan sebesar Rp 137 miliar dan pembiayaan pengeluaran sebesar Rp 9,150 miliar. Dengan selesainya verifikasi, maka kegiatan dalam APBD sudah bisa dilaksanakan. (radar)

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg
Sudah Baca Ini ..?close