Flash News
Home / Ekonomi / April, Pabrik Santan Produksi

April, Pabrik Santan Produksi

Abdul Kadir

Abdul Kadir

BANYUWANGI- Produksi pabrik santan tampaknya lebih cepat dari yang ditargetkan. Paling lambat, pabrik mengolah buah kelapa itu akan beroperasi pada April 2013. Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Banyuwangi Abdul Kadir mengatakan, produksi pabrik santan itu akan lebih cepat, karena tidak perlu membangun gedung pabrik lagi.

Pihak investor sudah me nemukan lokasi pabrik stra tegis di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh. Di lokasi itu, ungkap dia, sudah berdiri bangunan luas sekitar 7 hektare. “Pabrik santan itu akan berdiri di gedung bekas penggilingan padi. Investor tidak perlu membangun pabrik lagi, tetapi cukup melakukan rehab saja,” terangnya kepada koran ini, kemarin.


Semula, pendirian pabrik santan itu akan diawali dengan ground breaking pada Februari 2013. Namun karena sudah menemukan lokasi yang pas, maka proses produksinya lebih cepat. “Investasinya sebesar Rp 60 miliar,” sebut Kadir. Saat produksi pertama April mendatang, lanjut dia, pabrik itu akan memproses 100 ribu butir kelapa. Namun, sejatinya pabrik itu memiliki kapasitas produksi hingga 500 ribu butir kelapa per hari.

“Untuk tahap pertama, produksi dibatasi 100 ribu butir kelapa saja. Selanjutnya produksi akan dilakukan secara bertahap,” jelasnya. Saat ini, kata Kadir, pihak investor sedang melakukan uji coba mesin di Tiongkok. Mesin pabrik kelapa itu merupakan produksi China berkualitas tinggi. Untuk melakukan uji coba mesin itu, pihak investor harus mengirimkan kelapa ke Tiongkok.

Setelah uji coba mesin selesai, mesin langsung dikirim ke Indonesia. “Jika tidak ada halangan, Februari 2013 mesin sudah datang di Indonesia,” ungkapnya. Kadir menambahkan, bangunan pabrik itu sebenarnya sudah siap ditempati. Namun demikian, mesin tidak langsung dipasang, karena tempatnya belum ada. “Prosesnya tinggal membangun tempat mesin, setelah itu langsung produksi,” pungkasnya. (radar)


Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top