Flash News
Home / Sosial / Bagikan Ratusan Domba Kepada Peternak

Bagikan Ratusan Domba Kepada Peternak

SEMPU – Salah satu permasalahan dalam pengembangan ternak kambing dan domba adalah ketersediaan pakan. Utamanya di musim panas. Karena itu, dibutuhkan inovasi dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya menggunakan teknologi fermentasi. Menggunakan teknologi fermentasi dianggap lebih mengguntungkan. Betapa tidak, perkembangan domba lebih cepat jika dibandingkan
dengan pakan pada umumnya. Berat badan domba bisa bertambah 3 hingga 5 kilogram (kg) tiap pekan.

Karena itu, sistem pakan fermentasi tersebut mulai banyak diminati para peternak domba di Banyuwangi. Hal itulah yang membuat Dadang Wahyu, anggota DPRD Banyuwangi, mengambil langkah untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat. Politisi PDIP asal Muncar itu meluncurkan ratusan domba jenis morino kepada puluhan kelompok peternak yang tersebar di sembilan kecamatan di Banyuwangi. Peluncuran perdana dalam program kemitraan itu dilangsungkan di Desa/Kecamatan Sempu, Sabtu (15/6) lalu.


Dadang Wahyu mengungkapkan, satu kelompok peternak diberikan jatah 45 ekor. Dalam peluncuran perdana itu tercatat ada 10 kelompok, dan diprediksi bakal terus meningkat. “Itu karena banyak kelompok yang terus mendaftar. Hingga saat ini masih kita buka. Sebab, perkembangan domba di Banyuwangi sangat prospektif,’’ katanya. Menurut Dadang, menggunakan model fermentasi, bobot kambing/ domba cepat bertambah dalam waktu singkat.

Bahkan, domba sudah bisa dikonsumsi dalam tenggang waktu kurang dari setahun. ’’Usia delapan bulan sudah layak konsumsi. Berat domba selama delapan bulan rata-rata 70 kilogram,’’ terangnya. Dia menjelaskan, penggunaan fermentasi untuk pakan domba itu bisa sebagai pekerjaan sampingan. Sebab, proses pembuatan pakan cukup mudah.

’’Tapi, tidak boleh ngentengne. Domba harus tetap dirawat yang baik,’’ terang wakil rakyat yang maju menjadi caleg DPR RI itu. Oleh karena itu, penggunaan fermentasi itu sangat prospek bagi masyarakat Banyuwangi. Mengingat, Sumber Daya Alam (SDA) di Bumi Blambangan juga sangat mendukung. ’’Harga domba juga tinggi. Jadi, ini kesempatan yang sangat bagus,’’ tandasnya. (radar)


Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top