Flash News
Home / Ekonomi / Bantuan untuk Petani Perempuan

Bantuan untuk Petani Perempuan

BANYUWANGI – Kabar gem-bira bagi ribuan perempuan yang tergabung dalam kelom-pok tani di Bumi Blambangan. Pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini, Pemkab Banyuwangi menyiap-kan anggaran yang akan digu-nakan untuk pemberdayaan kelompok tani perempuan. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan pemerintah miliaran rupiah.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Banyuwangi, Ikrori Hudanto mengatakan, pihaknya siap menggelontor bantuan pem-berdayaan kepada 66 kelompok tani wanita. “Bantuan yang akan diberikan berupa bibit buah-buahan, sayuran, dan tanaman hias; sesuai kebutuhan,” ujarnya kemarin (18/9).


Menurut Ikrori, pihaknya telah menganggarkan dana sekitar Rp 1,4 miliar dalam PAK
tahun 2012 untuk memberi Bantuan untuk Petani Perempuan bantuan pemberdayaan ke-lompok tani perempuan ter-sebut. Tujuannya adalah me-ningkatkan kemandirian para petani. “Jika masing-masing kelompok memiliki 25 ang-gota. Maka jumlah warga yang akan diberdayakan ribuan orang,” kata dia.

Ikrori menambahkan, selain memberikan bantuan bibit, pihaknya juga akan memberikan
penyuluhan tata cara budi daya. “Budi daya buah, sayur, atau tanaman hias tersebut bisa
memanfaatkan pekarangan. Caranya, membuat semacam rak berundak,” tuturnya.

Masih menurut Ikrori, pe-ngajuan permintaan bantuan pemberdayaan tersebut harus melalui kelompok tani. “Sesuai Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri, Red), 66 kelompok yang saat ini dapat bantuan sudah menga-jukan sejak tahun 2011 lalu,” pungkasnya. (Radar)


Komentar Anda

About admin2

Comments are closed.

Scroll To Top