Flash News
Home / Pemerintahan / Beasiswa Banyuwangi Cerdas Dibuka Lagi

Beasiswa Banyuwangi Cerdas Dibuka Lagi

KABID DIKMEN BANYUWANGI: Suratno di ruang kerjanya.

BANYUWANGI– Keseriusan Pemkab Banyuwangi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa terus bergulir. Pada tahun kedua ini, program Bupati Abdullah Azwar Anas dengan Banyuwangi Cerdas diharapkan bisa memberikan solusi kepada pelajar berprestasi namun kemampuan ekonominya kurang untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Setelah Universitas Brawijaya (UB) Malang membuka pendaf-taran melalui jalur mandiri, kini giliran dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyusul. Yakni Universitas Jember (Unej) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember. Untuk Unej, memberikan ke sempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) lulusan tahun 2008 hingga 2012. Mereka diberi kesempatan mengikutipendidikan program S-1 dan D-3.


Pelaksanaannya berlangsung dua tahap. Gelombang I dikhususkan untung jenjang S-1 dan gelombang kedua untuk jenjang D-3. Adapun syarat umum mendaftar di Unej adalah tidak me ngalami cacat fisik, yang nan tinya bisa meng gang gu pro ses belajar maupun profesi setelah lulus, serta tidak buta warna. Selain lulusan SMA, kesempatan juga diberikan keada lulusan ujian persamaan atau kejar paket C.

Untuk pendaftar tidak perlu datang langsung ke Unej. Tapi cukup melakukan pendaftaran secara onlinedi http ://um1.unej.ac.id. Selanjutnya membayar biaya registrasi sebesar Rp. 150.000 per peserta untuk kelompok IPA Atau IPS melalui Bank Mandiri. Jadwal pendaftaran untuk seleksi Unej adalah tanggal 9-13 Juli 2012.

Sedangkan ujian tertulis dilaksanakan 16 Juli dan pengumuman dilaksanakan tanggal 20 Juli pukul 08.00 WIB. Bagi peserta yang dinyatakan lulus bisa melaksanakan pembayaran registrasi pada tanggal 20 hingga 24 Juli, sedangkan registrasi sendiri tanggal 25 – 27 Juli. ”Pada tahun kedua ini kuota yang disediakan oleh PTN yang bekerjasama dengan Pemkab bisa terpenuhi,’’ harap Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Kabid Dikmen Dispendik) Banyuwangi Suratno.


Sementara, untuk STAIN Jem-ber pendaftaran dilaksanakan tanggal 12–18 Juli. Ujian tanggal 24-25 Juli, pengumuman tang-gal 27 Juli. Sedangkan daftar ulang STAIN Jember tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus 2012. Bersamaan dengan itu, jalur mandiri UB Malang yang dibuka mulai kemarin (9/7) tampaknya mendapat sambutan hangat. Hal ini terlihat dari pendaftar yang sudah mencapai ratusan calon mahasiswa baru. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About eduo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top