Beras Bulog Bau Apek

0
343
Beras dari Bulog

BANYUWANGI – Permasalahan klasik terkait kualitas beras miskin (raskin) kembali dikeluhkan masyarakat. Kali ini, temuan beras Bulog dengan kondisi buruk ditemukan di Lingkungan Krajan, Kelurahan Lateng Ketua RT 02/RW 03 Lingkungan Krajan, Kelurahan Lateng.

Muhamad Hafan kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi menceritakan, Senin pagi (12/6) dia menerima jatah 68 sak raskin. Dari jumlah beras itu, 12 di antaranya dibawa oleh tukang becak ke rumahnya.

Begitu beras itu sampai, Hafan langsung memeriksa kondisinya. Ternyata beras tersebut kualitasnya cukup memprihatinkan. Dengan kondisi fisik beras berwarna kuning dan berbau apek. Melihat kondisi itu, Hafan mengembalikan seluruh beras yang diterimanya ke kantor kelurahan.

“Awalnya saya kira hanya 12 sak itu yang jelek, ternyata yang di lainnya juga jelek waktu saya periksa. Jadi saya minta ganti semuanya,” terang Hafan. Dia sangat menyesalkan kondisi beras yang diterimanya. Karena hampir semua warga menolak menerima beras dari Bulog yang kondisinya buruk tersebut.

Loading...

“Itu berasnya akan kita bagikan ke-92 KK yang ada di RT 2. Tapi mereka tidak mau karena kondisinya buruk. Saya sempat minta saran ke anggota dewan, katanya disuruh mengembalikan. Tapi sampai pagi saya belum dapat gantinya,” keluhnya.

Kepala Bulong Subdivre V Banyuwangi, Raden Guna Dharma membenarkan ada pengembalian beras dari warga ke kelurahan. Sesuai dengan pedoman umum Bulog, jika terjadi temuan kondisi beras dalam kondisi buruk, maka beras tersebut bisa ditukarkan dalam waktu 1 x 24 jam.

“Tapi untuk Banyuwangi saya buat kebijakan khusus. Bisa menukar beras dalam kondisi buruk kapan saja. Ini juga bukan kesalahan kelurahan, tapi ada kesalahan kita juga,” terang pria yang akrab disapa Awang itu.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya sudah menyebar pengumuman dan edaran ke seluruh kelurahan dan desa di Banyuwangi. Jadi sebelum pembagian raskin, staf atau perwakilan desa diminta datang ke gudang langsung untuk memilih dan melakukan sortir terhadap beras-beras yang akan disebar ke masyarakat.

Pihaknya sudah menegur bagian yang mengurusi masalah ini supaya tidak terjadi hal serupa. Menurut Awang, hal ini terjadi karena keterlambatan penyaluran. “Dinsos yang mengatur penyaluran seringkali terlambat, jadi beras yang disalurkan Januari baru Maret dikirim. Jadi wajar dari jutaan kilo beras ada beberapa yang buruk,” tegasnya. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi