Bersolek untuk Festival Kali Bersih

0
89

BLIMBINGSARI – Festival Kali Bersih di saluran kali Dam Durahman, Dusun Cungkingan, Desa Badean, Kecamatan Kabat akan dilangsungkan pagi ini. Bupati Abdullah Azwar Anas diagendakan akan membuka kegiatan rutin tahunan tersebut.

Panitia bersama warga juga  sudah mulai mempersiapkan acara festival kali bersih tersebut. Sejumlah  kegiatan yang dilakukan  masyarakat, yakni melakukan pemasangan umbul-umbul, spanduk serta melakukan bersih-bersih akses masuk menuju Dam Durahman, tempat dilangsungkannya acara.

Camat Blimbingsari Abdul Latif  mengaku sudah mulai mempersiapkan kegiatan festival kali bersih itu dengan melakukan gotong royong bersama warga. Bentuk kegiatannya yakni sosialisasi, serta gerakan bersih-bersih sepanjang aliran sungai  Dam Durahman.

Loading...

Pembersihan itu dilakukan dengan mengambil dan me- ngangkut sampah yang ada di  sepanjang aliran sungai dan yang  berada di tepian atau sepadan  sungai. “Sebagian sudah kita bersihkan, dan untuk kegiatan masifnya serentak besok pagi  (pagi ini),” ujarnya.

Selain melakukan bersih-bersih aliran sungai, masyarakat juga  dengan sukarela langsung membongkar tempat pembatas dari seng dan kain yang sebelumnya digunakan untuk tempat mandi  cuci kakus (MCK) yang berada  di atas saluran sungai.

“Fokus kita adalah mengembalikan fungsi  sungai, jadi selain harus bersih juga peruntukan sungai juga bisa  lebih lestari,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi,  Husnul Chotimah. Husnul menambahkan, pihaknya juga sudah mempersiapkan  kegiatan kali bersih tersebut  dengan sebaik mungkin.

Salah satunya dengan mengecat warna-warni pada bagian plengsengan  sekitar Dam Durahman.  Kegiatan kali bersih itu merupakan kegiatan gropyokan yang  melibatkan lintas sektoral satuan  kerja perangkat daerah, mulai dari Dinas Kesehatan dengan sasaran program desa bebas ODF  (Open Defecation Free), pelaksanaan pembangunan toilet umum dan jambanisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya  dan Penataan Ruang, serta pemberdayaan ekonomi oleh Dinas  Perikanan dan Pangan.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, lokasi Dam Durahman berada di Dusun Cungkingan, Desa Badean, Kecamatan Blimbingsari. Akses menuju tempat tersebut bisa ditempuh dari simpang tiga Desa Pakistaji ke arah timur sekitar 3 Km belok  kanan masuk Dusun Cungkingan  belok ke kiri ke arah timur sekitar  1 Km.

Sepanjang aliran sungai tampak sudah bersih. Kawasan sepadan sungai tersebut juga mulai sudah  tumbuh tanaman pohon jenis  trembesi, cemara udang, hingga tanaman pohon buah. “Siapa pun boleh terlibat dalam acara  ini, karena kegiatan gotong- royong,” tandas Husnul Chotimah.  (radar)

loading...