Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

BLH Banyuwangi Gelar Bimtek Adiwiyata 2014

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

blhBANYUWANGI – Dalam rangka pra visitasi dan mematangkan sekolah binaan yang dikelola tiga sekolah Adiwiyata Mandiri serta menyiapkan sekolah yang menuju Adiwiyata Provinsi, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banyuwangi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Adiwiyata 2014. Acara ini digelar 23 – 24 Januari 2014 di ruang rapat Minakjinggo Pemkab Banyuwangi.

Bimtek Adiwiyata 2014 menghadirkan Fauzi Bachtiar, MT dan Dedy Trinur Afrianto, ST dari BLH Provinsi Jawa Timur sebagai pemateri. Acara tersebut dihadiri tim Adiwiyata Kabupaten Banyuwangi, SMKN 1 Banyuwangi, 3 sekolah Adiwiyata Nasional, dan 30 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat negeri/swasta di Banyuwangi. Bimtek Adiwiyata tersebut membahas secara detail persiapan sekolah untuk menuju Adiwiyata.

Menanamkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tujuannya adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik. Plt. Kepala BLH Banyuwangi, Husnul Chotimah mengatakan, ada empat kelengkapan dokumen wajib dimiliki sekolah untuk menuju Adiwiyata.

Kelengkapan itu meliputi kebijakan berbasis lingkungan, penerapan kurikulum berbasis lingkungan, sarana dan prasarana yang mendukung lingkungan dan aplikasinya di sekolah. “ Selain memeriksa kelengkapan dokumen, tim Adiwiyata akan melakukan tinjau lapangan”. jelas Husnul. Dia mengingatkan batas akhir pengumpulan dokumen tanggal 14 Februari 2014.

Tim Adiwiyata kabupaten yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, Untag 1945 Banyuwangi, SMKN 1 Banyuwangi, dan 3 sekolah Adiwiyata Nasional akan menilai kelengkapan dokumen peserta terlebih dahulu sebelum tinjau lapangan. ” Sekolah yang mendapat nilai minimal 64 dari tim Adiwiyata Kabupaten, maka akan kita ajukan menuju Adiwiyata Propinsi. Namun akan ditetapkan terlebih dulu lewat SK Bupati. “ ungkap Husnul.

Pihaknya berharap semua sekolah di Kabupaten Banyuwangi nanti bisa mengikuti program Adiwiyata, ini program bagus untuk lingkungan sekolah kita. “Semoga kedepan tidak ada lagi sekolah yang belum melaksanakan Adiwiyata, dalam arti sekolah yang memang melaksanakan program bagaimana sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,’’ pungkas Husnul. (radar)