Pendidikan|May 19, 2012 7:29 pm

BLH Gelar Bimbingan Teknis Sekolah Adiwiyata

SERIUS: Peserta menyimak paparan Bintek Sekolah Adiwiyata dari narasumber di Hotel Ikhtiar Surya, siang kemarin (15/5).

BANYUWANGI- Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) telah disepakati empat kementerian, yakni Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH), Pendidikan Nasional, Agama, dan Dalam Negeri, sejak 19 Februari 2004. Kebijakan itu kini menjadi dasar arahan bagi para stakeholder dalam pelaksanaan dan pengembangan PLH di Indonesia. Bahkan, sebagai salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Dalam implementasinya, PLH diarahkan pada kelembagaan PLH, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan dan ei  siensi penggunaan anggaran. Selain itu, pengembangan materi PLH, peningkatan komunikasi dan informasi pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan, dan pengembangan metode PLH. Harapannya, ke depan para  stakeholder dapat bersinergi dalam melaksanakan PLH.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banyuwangi Husnul Chotimah dalam sambutan saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bintek) Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banyuwangi yang digelar BLH di Hall Hotel Ikhtiar Surya, siang kemarin (15/5). Bintek itu diikuti 50 peserta dari beberapa sekolah, mulai SD sampai SMA sederajat se Kabupaten Banyuwangi.

Narasumber berasal dari unsur BLH, Dinas Pendidikan, dan Totok Hari Prasetyo dari Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Selain itu Catur Kadarhadi dari Balai Studi Lingkungan Hidup Gombeng Lestari Kalipuro dan Edy Purdiyanto dari SMKN 1 Banyuwangi, yang merupakan duta nasional lomba Adiwiyata mewakili Kabupaten Banyuwangi.

Husnul mengatakan, program sekolah Adiwiyata adalah upaya menanamkan nilai budaya dan peduli terhadap lingkungan di sekolahnya. Tujuannya mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan. “Dengan semakin banyaknya sekolah yang ikut program Adiwiyata, diarahkan sejalan dengan pembangunan daerah, sehingga percepatan terwujudnya sekolah peduli dan berbudaya lingkungan menjadi harapan semua pihak,” terangnya.

Bagi sekolah yang butuh informasi tentang sekolah Adiwiyata bisa menghubungi kantor BLH di Jalan KH. Agus Salim No 107 Banyuwangi atau SMKN 1 Banyuwangi. BLH dan SMKN 1 Banyuwangi siap mendampingi sekolah-sekolah yang akan mempersipkan diri menyambut penilaian lomba Adiwiyata di tahun 2013. “Mohon doa restunya kepada masyarakat Banyuwangi, semoga SMKN 1 Banyuwangi bisa meraih juara Adiwiyata Mandiri pada penilaian tingkat nasional, yang akan dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup pada 18 Mei 2012 “ pinta Husnul. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

Sudah Baca Ini ..?close