Flash News
Home / Pemerintahan / Camat Santuni Warga Miskin

Camat Santuni Warga Miskin

  

Serahkan Bantuan Senilai Rp 41,4 juta

GAMBIRAN–Jumlah penyerapan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kecamatan Gambiran, terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2011, angka penyerapan dari masyarakat mencapai Rp 2,2 miliar. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tentu saja, tingginya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dana pinjaman tersebut, membawa berkah bagi warga. Khususnya Rumah Tangga Miskin (RTM). Sebab, pihak kantor kecamatan melalui Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan selalu mengalokasikan hasil surplus senilai 20 persen.

Tingginya angka penyerapan tersebut membanggakan bagi Camat Gambiran A. Khalid Askandar. Puncaknya kemarin (21/5), camat berkacamata itu mengumpulkan puluhan warga miskin di aula Kantor Kecamatan Gambiran. Camat juga mengajak aparat dari unsur kepolisian dan TNI, serta jajaran kepala desa untuk menyaksikan penyerahan bantuan sosial senilai Rp 41,4 juta kepada warga yang membutuhkan itu.

Camat Khalid memberikan bantuan tersebut kepada puluhan perwakilan RTM yang tinggal di enam desa. Perwakilan tersebut menerima bantuan berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing. Ada plesterisasi, beasiswa, listrik, sepeda pancal, kasur, dan bantuan lainnya. Dalam sambutannya, Khalid mengaku senang terhadap tingginya partisipasi warganya dalam memanfaafkan dana PNPM. Sebab, sebagian surplus dana tersebut selalu diperuntukkan kepada warga yang kurang mampu.

“Saya sangat senang bisa bertatap muka kepada bapak ibu di sini. Di sini kami bisa berbagi kepada sesama,’’ cetusnya. Khalid mengapresiasi kinerja semua jajaran yang mengelola dana PNPM. Seperti UPK, PPK, KPMD, dan BKAD yang ikut memberdayakan masyarakat. “Semoga ini terus meningkat pada tahun mendatang,’’ harapnya. Fasilitator Kecamatan, Sri Wahyuni menambahkan, acara tersebut sebagai rangkaian memperingati hari lahir PNPM Mandiri Perdesaan. Diakui, tingginya angka penyerapan tersebut menunjukkan pemberdayaan masyarakat terus meningkat. “PNPM Bangkit, masyarakat juga akan sejahtera,’’ tandasnya. (radar)

Komentar Anda

About eduo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top