Dikira Sungguhan, Dinamit yang Ditemukan Mainan Properti Karnaval

0
279
Dinamit mainan properti karnaval. (detik.com)

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi sempat digegerkan temuan mengejutkan. Sebuah bom dinamit tergeletak di Sungai Lembu Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran. Tim Sabhara Polres Banyuwangi bersama Tim Gegana Polda Jatim sampai turun ke lokasi. Namun setelah dicek, dinamit yang dilengkapi dengan alat pengatur waktu tersebut rupanya mainan anak, properti karnaval.

Kasat Sabhara Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi bercerita, benda yang dilaporkan rangkaian bom dinamit ternyata mainan anak-anak. Dinamit tiruan itu informasinya bekas properti peserta karnaval yang dibuang.

Loading...

“Bentuknya memang sangat mirip dinamit asli. Posisi ditemukan rangkaian dinamit mainan seperti siap diledakkan. Alat pengatur waktunya menempel pada bodi rangkaian,” terang AKP Basori Alwi satu ditemui wartawan di kantornya, Senin (28/8/2017).

Menurut AKP Basori, informasi penemuan dinamit itu diterima, Sabtu (26/8/2017) malam dari aparat Polsek Pesanggaran. Tim Sabhara kemudian berkoordinasi dengan Tim Gegana Polda Jatim. Tim gabungan ini baru meluncur bersama sekitar pukul 01.00 WIB, Minggu (27/8/2017) dinihari. Lokasi yang jauh dari kota membuat perjalanan petugas penjinak bom baru tiba di lokasi jelang Subuh.

Upaya penjinakan baru digelar Minggu siang. Waktu ini dipilih karena kondisi TKP yang berada di areal Perkebununan Sungai Lembu yang minim penerangan. Petugas Gegana berhati-hati melakukan pengangkatan dinamit yang dilengkapi dengan alat pengatur waktu dari dasar sungai.

Setelah proses pengangkatan dilakukan, tim gabungan tampak tersenyum. “Ini antisipasi kami jika memang ditemukan. Sangat berbahaya, kami tidak menyalahkan yang lapor,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, jarak Kota Banyuwangi-Perkebunan Sungai Lembu kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Wajar bila petugas tersenyum begitu mengetahui bom yang dievakuasi hanya mainan. Setidaknya langkah yang dijalankan telah memastikan keamanan bagi warga sekitar. (detik.com)

loading...


Kata kunci yang digunakan :