Flash News
Home / Pemerintahan / Disperindagtam Gelar Lomba Desain Batik dan Kerajinan Khas Banyuwangi
  

Disperindagtam Gelar Lomba Desain Batik dan Kerajinan Khas Banyuwangi

BANYUWANGI-Dalam rangka untuk dinamisasi dan prospektif banyuwangi untuk perluasan dan peningkatan desain batik khsususnya dari warna, corak, desain dan keragaman batik yang ada saat ini dan berbagai hasil kerajinan yang dihasilkan masyarakat banyuwangi yang mempunyai spesifikasi tersendiri sekaligus mengangkat potensi alam yang ada di banyuwangi.

Dinas Pendustrian Perdagangan,dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Banyuwangi menggelar lomba desain batik dan kerajinan khas Banyuwangi. Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum banyuwangi. ada dua kategori yang dipelombakan yakni kategori umum dan kategori pelajar dan mahasiswa. Syarat untuk mengikuti event ini, peserta bisa mengatasnamakan perorangan yang dilombakan adalah desain batik dan kerajinan (cinderamata) khas banyuwangi.

Hasil karya orisinil dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau pernah dipublikasikan. Peserta wajib menyertakan judul karya desain dan deskripsi atau penjelasan diatas kertas HVS ukuran A4, khusus untuk lomba desain kerajinan / cinderamata wajib disertai dengan kalkulasi biaya produksinya.

Formulir pendaftaran lomba desain batik dan kerajinan khas banyuwagi dapat diambil di kantor Dinas Pendustrian Perdagangan,dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Banyuwangi yang beralamatkan dijalan A. Yani No. 96 Banyuwangi, kantor Radar Banyuwangi di jalan Yos Sudarso No 89C Banyuwangi bisa juga diambil di di Radio VIS Fm Banyuwangi, Radio Sri Tanjung FM Rogojampi, Raka FM Purwoharjo, Radio MC FM Jajag.

Pendaftaran lomba akan ditutup pada tanggal 5 April 2012 mendatang. Kepala Dinas Pendustrian Perdagangan,dan Pertambangan (Disperindagtam), Hary Cahyo Purnomo mengatakan ada 34 tipe batik yang ada saat ini dan yang paling dikenal dan diminati oleh manca negara adalah batik gajah oling. Dari desain yang sudah ada saat ini, diharapkan kedepan akan ada motif batik baru yang bisa mengangkat potensi banyuwangi.

“ Kami harapkan nanti akan muncul desain batik baru yang lebih baik dan lebih dikenal masyarakat banyuwangi baik dari komposisi warna, corak, desain dan keanekaragaman batik. “ jelas Hary. Hary Cahyo menuturkan, untuk hasil kerajinan atau cinderamata yang dihasilkan masyarakat banyuwangi mempunyai spesifi kasi tersendiri yang bisa mengangkat potensi alam yang ada dimiliki banyuwangi.

Sehingga perlu pemikiran bersama untuk mengenalkan desain batik maupun desain cinderamata dalam rangka menggali dan meningkatkan potensi yang ada saat ini. “ Semoga dengan adanya event ini, kita lebih mencintai dan menyenangi karya batik dan kerajinan atau inderamata hasil karya masyarakat banyuwangi “ harap Hary.

Hary Cahyo menambahkan semua pemenang lomba mewarnai batik desain batik yang digelar pada tanggal 25 Maret 2012 kemarin dalam acara car free day kemarin, serta juara desain batik dan desain kerajinan / cinderamata akan diumumkan melalui gebyar awarding pemenang lomba desain batik dan kerajinan khas banyuwangi bersamaan dengan kegiatan Aktualisasi Kesenian Budaya Banyuwangi pada 28 April 2012 mendatang,” jelasnya. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About eduo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top