Ganti Pemeran saat Pemain Tertidur

0
561

PERTUNJUKAN janger di kantor Kecamatan Srono cukup meriah Sabtu malam lalu (22/12). Kerumunan ma nu sia memadati halaman kan tor kecamatan itu demi menyaksikan pementasan grup New Sastra Dewa-Laksana Mustika Dewa. Persis pukul 20.00, aksi panggung dimulai. Satu per satu anggota grup janger itu unjuk gigi memainkan peran yang su dah ditentukan. Kesibukan di atas panggung itu berlangsung hingga dini hari.

Aktivitas tidak kalah heboh tampak di belakang layar. Awalnya, kru yang datang hanya belasan orang. Semakin ma lam, jumlah kru seni janger itu semakin banyak hingga mencapai puluhan orang. Para personel janger itu ada yang datang bersama keluarga. Bahkan, ada yang datang sambil menggendong anak. “Mereka datang sen diri-sendiri,” ujar Sumarni, istri Temu Haryono, yang mengelola grup janger tersebut. Begitu datang, para kru langsung merias wajah sendiri. Mereka juga langsung menggunakan kostum panggung. Sutradara menggiring mereka tampil di atas pentas secara teratur.

Semakin larut, pementasan janger itu kian seru. Ternyata melakonkan janger cukup menguras stamina dan pikiran para pemain. Sembari menunggu giliran  naik panggung, tidak jarang pemain tertidur di belakang panggung karena kelelahan. Ada yang tidur karena menghemat energi, dan ada pula yang tertidur lantaran menidurkan sang buah hati. Tidak jarang pemain yang kebablasan tidur Kondisi itu tentu saja membuat sutradara bingung. Namun, dalam seni janger, hal itu merupakan hal lumrah. Pemain yang tertidur bisa digantikan  pemain lain. “Mereka yang tidur kadanglangsung di gantikan pemain lain. Kalau penonton jeli, sebenarnya itu bisa ketahuan. Tetapi, sejauh ini lancar saja, dan cerita tetap jalan,” beber Temu Haryono. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :