Garuda Buka Rute Jakarta-Banyuwangi

0
532

Pakai CRJ-1000, Pertengahan Juni Beroperasi

BANYUWANGI – Banyuwangi  menjadi bisnis menarik untuk  sektor penerbangan. Setelah  sukses membuka rute Surabaya-Banyuwangi (PP), maskapai  Garuda Indonesia bakal membuka  rute baru, Jakarta-Banyuwangi. Pembukaan rute baru ini semata  untuk meningkatkan kunjungan  wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke kabupaten  berjuluk Sunrise of Java tersebut.

Rencana membuka rute baru itu diungkapkan oleh Vice President Garuda Indonesia Region 3  Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Flora  Izza di Kantor Cabang Garuda In donesia Jl. PB. Sudirman, kemarin. Sedianya, penerbangan  rute Jakarta-Banyuwangi itu akan dimulai dua bulan mendatang. Menurut Flora, estimasi jadwal  penerbangan dengan rute baru  itu dimulai pada pekan ketiga bulan Juni.

‘’Penerbangan dari Jakarta ke Banyuwangi dan sebaliknya dimulai menjelang Lebaran,’’ sebutnya. Rute baru ini diharapkan bisa  mengakomodasi mobilisasi  masyarakat sekitar Bali barat, Bondowoso dan Situbondo. Untuk tiket pesawat penerbangan Jakarta-Banyuwangi pihak Garuda  Indonesia mengklaim harganya jauh lebih efisien dari pada tiket  penerbangan Jakarta-Surabaya-Banyuwangi.

Loading...

Maskapai Garuda Indonesia telah mempertimbangkan dengan  matang potensi pasar atas  penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi itu. Itu mengacu pada perkembangan pesawat Garuda yang selama ini menempuh rute Banyuwangi–Surabaya dengan dua jadwal berbeda.

Menurut Flora, rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi diang gap memiliki potensi market yang besar. Ada beberapa poin dasar yang menjadi penilaian khusus sehingga  rute baru itu dijajaki. ‘’Segmen pasarnya besar, mulai dari korporasi,  kunjungan wisatawan dan banyaknya  investasi di Banyuwangi,’’ terang Flora yang kemarin didampingi Senior Manager Coorporate Sales,  Marketing and Business Development Region 3 Garuda Indonesia, Hendrawan.

Selama ini, banyak penumpang yang harus transit dulu di Bandara Juanda, Surabaya. Padahal, sebagian dari mereka menuju Jakarta. ‘’Itu yang menjadi salah satu target market kita. Tumbuhnya hotel-hotel baru dan dibukanya tambang emas menjadi  potensi baru Garuda untuk mem- buka rute Jakarta-Banyuwangi,’’  imbuhnya.

Dia menyebut, rute baru Banyuwangi–Jakarta itu menjadi salah satu penghubung langsung  dengan penerbangan internasional. ‘’Dengan rute penerbangan baru itu merupakan upaya  kita meningkatkan tourism. Jadwal pastinya belum kita tentukan.  Yang pasti, jadwal rute baru ini  jangan sampai berbenturan  dengan pesawat yang sudah ada sebelumnya,’’ jelasnya.

Sementara itu, jenis pesawat yang akan dipakai untuk rute Jakarta-Banyuwangi adalah CRJ-1000. Pesawat bermesin jet ini  memiliki 96 sheet. Pesawat kelas  ekonomi ini cocok digunakan  pada landasan pacu dengan  ketebalan Pavement Classification Number (PCN) 40.

Sekadar tahu, Garuda telah  memiliki penerbangan Jakarta-Banyuwangi dengan transit di Surabaya. Potensi pasar Banyuwangi sangat besar. Hampir  20 persen penumpang yang ke  Surabaya melanjutkan kembali perjalanannya ke Banyuwangi. ( radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :