Harga Lemuru Tembus Rp 17 Ribu

0
243
Ilustrasi

MUNCAR – Ikan jenis lemuru masih langka di daerah perairan Muncar. Padahal selama ini, daerah yang pernah menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia itu, dikenal sebagai penjual lemuru. Gara-gara ikan lemuru yang menghilang itu, harganya jadi melangit.

Kemarin (30/8), ikan jenis ini harganya tembus Rp 17 ribu per kilogram. “Lemuru seperti menghilang, kita sudah lama tidak dapat,” cetus Misbah, 50, salah satu nelayan Muncar.

Loading...

Harga ikan lemuru yang mencapai Rp 17 ribu per kilogram, tergolong cukup besar. Saat lemuru melimpah, harganya hanya sekitar Rp 3.000 perkilogram. “Selama lemuru sulit, harganya Rp 12 ribu per kilogram, tapi ini naik lagi,” terangnya.

Para nelayan jukung, sebut Misbah, sekali melaut hanya  dapat tangkapan lemuru sekitar 10 kilogram. Padahal biasanya, sekali bekerja itu bisa mendapat antara 30 kilogram hingga 50 kilogram.

“Hasil tangkapan ikan lemuru terus berkurang dari biasanya,” ungkap Misnah, 45, salah satu pedagang ikan di Pelabuhan Muncar. Menurut Misnah, harga ikan lemuru yang tinggi itu karena dari nelayan juga sudah tinggi.

Dengan harga ikan lemuru Rp 17 ribu per kilogram, untuk pedagarg hanya Rp 3.000 per kilogram. “Kita masih harus membayar para buruh angkut ikan,” cetusya. lkan lemuru hasil tangkapan para nelayan ini, lanjut dia, kebanyakan diborong oleh pabrik yang ada di daerah Muncar untuk sarden. “Ikan-ikan lemuru langsung masuk ke Pabrik,” ungkapnya. (radar)

loading...