Pemerintahan|January 31, 2013 2:19 pm

Honorer K2 Tes CPNS Tahun Ini

BANYUWANGI – Moratorium pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkab Banyuwangi berakhir tahun ini. Dengan berakhirnya moratorium itu, maka Pemkab Banyuwangi boleh mengangkat CPNS. Tahun ini Banyuwangi mendapat kuota pengangkatan CPNS. Namun, pengangkatan CPNS tersebut diprioritaskan pada tenaga honorer kategori dua (K2). “Info sementara yang kita terima dari pusat, tahun ini ada tes CPNS bagi honorer K2,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Sih Wahyudi kemarin (30/1).

Hingga saat ini, Banyuwangi masih memiliki tunggakan ho norer K2 yang belum diangkat men jadi CPNS sekitar 3.039 orang Tunggakan honorer K2 itu, kata Wahyudi, sudah masuk database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kalau sudah masuk database BKN, kata Wahyudi, sudah ada jaminan bisa mengikuti tes seleksi CPNS. “Kapan pelaksanaan tes, kita belum bisa menyampaikan, karena belum ada surat resmi. Yang pasti tahun ini ada tes,” katanya. Dia menambahkan, apakah pelaksanaan tes 3.039 orang tersebut akan dituntaskan tahun ini ataukah dilakukan secara bertahap, belum ada kepastian.

Karena itu, 3.039 honorer yang masuk database hendaknya mempersiapkan diri. Proses pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS, beber Wahyudi, akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2014. Karena itu, pihaknya tidak bisa memastikan apakah semua honorer K2 bisa mengikuti tes tahun ini. “Sesuai peraturan pemerintah (PP), pengangkatan honorer K2 tuntas tahun 2014 mendatang,” katanya. Karena itu, bagi honorer K2 yang belum mendapat kesempatan tes tahun 2013 berarti bisa mengikuti tes tahun 2014. Honorer yang sudah terdaftar dalam database BKN sudah pas ti bisa mengikuti tes CPNS.

Hanya pelaksanaan tesnya hingga kemarin belum ada kepastian. BKD Banyuwangi masih menunggu informasi resmi dari BKN tentang pelaksanaan tes dan jumlah honorer K2 yang bisa mengikuti tes tahun ini. Lalu, bagaimana seleksi CPNS jalur umum? Wahyudi juga belum bisa memastikan. Yang jelas, Bupati Abdullah Azwar Anas sudah mengusulkan kuota pengangkatan CPNS kepada Kementerian PAN dan RB beberapa waktu lalu. Kuota pengangkatan CPNS yang diajukan itu termasuk pengangkatan dari jalur umum. Hanya saja, sampai sekarang be lum ada tanggapan resmi dari Kemen PAN-RB. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg