KB MOW Diikuti 118 Akseptor


KOMPAK: Kepala BPP KB Banyuwangi (tiga dari kanan) dalam MOW, beberapa waktu lalu.

GENTENG-Badan PPKB bekerja sama dengan RSUD Genteng dan Tim Medis AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) melaksanakan pelayanan Medis Operasi Wanita (MOW) di Kabupaten Banyuwangi, pada 16 Juni 2012. Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan Keluarga Berencana (KB) baru dan KB aktif MOW di Kabupaten Banyuwangi.

Tim dokter dan medis yang melakukan pelayanan MOW dari AURI Madiun. Jumlah tim AURI sebanyak 13 orang. Mereka terdiri dari seorang dokter Obgyn Supervisor, tiga orang PPDS Obgyn, seorang PPDS anestesi, seorang teknisi, dan tujuh tenaga medis. Dalam acara itu, hadir juga empat perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Timur. “Para peserta MOW harus melalui tes medis untuk menjalani operasi.

Mulai dari tes urine, tekanan darah, dan yang lainnya,’’ terang Drs. H. Muhammad Pua Jiwa, MSi, Kepala BPPKB Kabupaten Banyuwangi, kemarin. Ditambahkan, peserta MOW yang dilayani sebanyak 118 orang akseptor. Meraka berasal dari 17 kecamatan wilayah Banyuwangi Selatan. Peserta yang dilayani sebagian besar pasangan usia subur dari keluarga prasejahtera dan Keluarga Sejahtera (KS) 1.

“Pelayanan tidak dipungut biaya,” tegasnya. Dengan terlayani 118 akseptor KB MOW, maka realisasi pencapaian sampai bulan Juni tercapai 393 akseptor. Berarti tercapai 258,5 persen dari target 152 akseptor yang ditetapkan dalam Kontrak Kinerja Provinsi. “Kesadaran masyarakat Banyuwangi dalam melaksanakan pelayanan MOW sangat tinggi,’’ pujinya.(radar)

Baca Juga :

  • MUNCAR- Puncak HUT XIX Hari Keluarga Nasional yang berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Muncar diisi dengan berbagai kegiatan. Ragam kegiatan di antaranya Tim PKK Banyuwangi menggelar pelayanan KB Perusahaan dan Pelayanan KB perusahaan sebanyak 100 akse...

  • Jalani Operasi di RS Al-Huda GENTENG - Sebanyak 126 akseptor peserta MOW sukses menjalani operasi di RS Al Huda Genteng, Banyuwangi. Program MOW ini ini merupakan wujud kepedulian RS Al Huda terhadap program pemerintah pusat melalui BKKBN. Yaitu menggalakkan keluarga kec...

+ There are no comments

Add yours


*