Kelelahan, Jamaah Haji Terserang Flu dan Batuk

0
69
Ketua kloter 37, Syafaat, mendorong kursi roda jamaah haji yang lanjut usia.

MAKKAH – Pasca pelaksanaan wukuf, seluruh jamaah haji asal Banyuwangi, terutama dari kloter 37, terserang flu dan batuk. Penyebabnya diduga karena kondisi tubuh yang sudah letih dan lesu akibat kelelahan.

Tim liputan haji Jawa Pos dan Makkah Radar Banyuwangi, syafaat melaporkan, sebagian besar jamaah terserang flu dan batuk. Cuaca di Armina yang sangat panas, mengakibatkan daya tahan tubuh jamaah menurun drastis. Mereka pun sangat rentan terserang flu disertai batuk.

Kondisi ini terlihat dari antrean jamaah yang berobat ke Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). “Hampir semua jamaah terserang flu dan batuk, jika saya ibaratkan hanya unta saja yang tidak flu dan batuk. Termasuk semua petugas kloter juga mengalami gangguan kesehatan yang sama dengan yang dialami jamaah,” ungkap syafaat.

Selain wukuf, pelaksanaan tawaf ifadah juga menyita banyak tenaga. Apalagi, saat pelaksanaan tawaf ifadah bersamaan dengan jamaah dari Afrika yang postur tubuhnya lebih tinggi dan besar dibanding jamaah asal Banyuwangi.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagian besar jamaah yang melakukan tawaf dengan berjalan kaki. memilih melakukan tawaf ifadah di lantai dua sampai lantai paling atas. Praktis, dengan kondisi itu perputaran mengelilingi Kakbah justru semakin panjang dibandingkan dengan yang berada di lantai dasar dekat Kakbah.

Di tengah kondisi fisik jamaah yang sudah mulai kelelahan, juga masih ditambah faktor suhu dan cuaca di Arab Saudi yang cukup panas. Tak pelak, banyak jamaah haji asal Banyuwangi mengantre untuk diperiksa dan meminta obat kepada dokter kloter.

“Semoga saja serangan flu dan batuk segera berakhir, sebelum nanti jamaah bersiap dan berkemas untuk pulang yang didahului dengan tawaf wadak atau tawaf perpisahan,” pungkas syafaat. (radar)

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi