Kendaraan Plat Kuning Baru Wajib Berbadan Hukum

1
1099

mobillllll

BANYUWANGI – Calon pemilik kendaraan angkutan umum orang dan barang harus bersiap-siap melengkapi pendaftaran kendaraannya dengan nama badan hukum dalam waktu dekat. Sebab, terhitung mulai 1 Maret 2015 mendatang, kendaraan baru dengan label berplat kuning wajib menyertakan bukti keberadaan badan hukum.

Rekomendasi ini sudah tertuang dalam amanat Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan lalu lintas jalan.  Dalam amanat undang-undang tersebut jucto PP nomor 74 tahun 2014 tentang angkutan jalan pasal 78 dan 79. Perusahaan angkutan umum harus berbentuk badan hukum. Ada beberapa badan hukum yang bisa menjadi solusi diantaranya BUMN, BUMD, PT, dan koperasi.

Aturan itu juga dilandasari dengan surat Ketua tim pembina Samsat Provinsi Jawa Timur tertanggal 14 Januari 2015 perihal pendaftaran kendaraan angkutan umum.  Dalam ketentuan tersebut. termuat bahwa terhitung sejak 1 Maret 2015 mendatang, pendaftaran kendaraan baru untuk angkutan umum orang, dan atau barang harus  atas nama badan hukum.

Sedangkan terhadap kendaraan angkutan umum yang sudah terdaftar sebelum ketentuan tersebut. Maka disarankan bila tertera atas nama perorangan maka vaajib dirubah menjadi badan hukum. Untuk perubahan ini diberikan kesempa- tan atau tenggang waktu paling lama satu tahunlerkait penerbitan surat rekomendasi kendaraan umum tersebut tetap menjadi kewenangan Dinas Perhubungan.

‘Surat rekomendasi itu menjadi salah satu persyaratan dalam penerbitan STNK dan penetapan besarnya pajak kendaraan bermotor di Samsat nantinya,” beber AKP Amar Hadi Susilo Koordinator Samsat Banyuwangi.  AKP Amar Hadi menuturkan di Banyuwangi masih banyak ditemui kendaraan angkutan umum orang atau barang berplat kuning atas nama perorangan.

Selanjutnya pihak terkait seperti Samsat dan Dinas Perhubungan secara terjadwal akan melakukan sosialisasi khususnya kepada pemilik kendaraan.  Selain itu bagi pemilik kendaraan yang masih ingin mendapatkan informasi lebih lanjut. Bisa datang dan menanyakan langsung ke kantor Samsat Banyuwangi dan Benculuk. Petugas disana juga dipersiapkan untuk memberikan segala informasi dan menerima segala keluhan, saran dan kritik dari konsumen. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :