Flash News


Home / Ekonomi / Ketela Rambat Melimpah, Dikreasi Jadi Keripik

Ketela Rambat Melimpah, Dikreasi Jadi Keripik

ketelaLEMAHBANGKULON – Luas lahan tanaman ketela rambat di Desa Lemahbangkulon, Kecamatan Singojuruh, memang cukup besar. Dari ratusan hektare lahan pertanian yang ada di desa yang satu ini, 30 persen di antaranya ditanami dengan tanaman ketela rambat yang oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan istilah sabrang tersebut. Karena itu, jangan heran bila kuantitas sabrang hasil produksi para petani Desa Lemahbangkulon melimpah.

Namun seperti diketahui, jika dijual mentah, harga komoditas pertanian yang satu ini sangat murah. Tak kalah akal, sebagian warga berinisiatif menambah nilai jual ketela rambat tersebut dengan cara diolah menjadi keripik. “Di Desa Lemahbangkulon terdapat tiga usaha kecil menengah (UKM) yang memproduksi keripik berbahan baku sabrang, sukun, dan lainlain. Selain berhasil menambah nilai jual, keberadaan UKM tersebut juga bermanfaat membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar,” ujar Camat Singojuruh, Nanik Machrufi kemarin (25/3).

Menurut Nanik, tiga UKM tersebut masing-masing mempekerjakan 6, 12, dan 13orang. Wilayah pemasaran produk industri rumahan, itu pun sudah mencapai seantero Banyuwangi hingga Pulau Dewata Bali. Namun demikian, Camat Nanik mengakui bahwa kualitas kemasan masih menjadi salah satu nilai minus keripik hasil produksi UKM di Desa Lemahbangkulon. Untuk itu, Nanik mengaku akan terus menerus memberikan pembinaan kepada masing-masing pengelola UKM tersebut untuk memperbaiki kualitas kemasan produknya. “Kami akan membina para pengelola UKM tersebut agar kualitas kemasan produknya bisa ditingkatkan.

Untuk mewujudkan hal itu, kami akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi,” kata dia. Sebagaimana diketahui, kualitas kemasan yang baik akan memperkuat daya saing produk UKM dengan produk-produk makanan hasil produksi industri besar. “Sebenarnya kualitas keripik hasil produksi UKM Desa Lemahbangkulon sangat baik. Untuk menambah daya tarik kepada konsumen, perlu perbaikan kemasan,” pungkas Nanik. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top