KMP Agung Samudera IX Siap Beroperasi di Perairan Selat Bali

0
172
Kapal Motor Penumpang (KMP) Agung Samudera IX siap beroperasi di perairan selat bali.

KALIPURO – Kapal Motor Penumpang (KMP) Agung Samudera IX siap beroperasi di Selat Bali. Beberapa petugas dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Timur kemarin (13/11) mengecek langsung kesiapan kapal baru tersebut.

Kapal di bawah naungan perusahaan pelayaran Agung Samudera itu masih menunggu surat perintah yang disahkan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla). Selain itu, kapasitas maksimal muatan serta kecepatan kapal perlu dicek agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat kapal mulai beroperasi.

Loading...

Untuk kesiapan, para petugas BPTD Jatim sudah memeriksa lasing, alat pemadam kebakaran, perahu darurat, jaket pelampung penumpang, serta kesigapan anak buah kapal untuk mengatasi situasi darurat jika ada kejadian di atas kapal. “Kami masih memeriksa kesiapan kapal sebelum diperbolehkan beroperasi di Selat Bali,” ujar koordinator satuan pelayanan Rocky Surentu.

Standar Pelayanan Minimal (SPM) diberlakukan kepada perusahaan angkutan penyeberangan. Serta wajib dipatuhi agar penumpang merasa aman dan nyaman. Penerapan standar pelayanan penumpang angkutan penyeberangan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No PM 39 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan. “Dalam aturan perundang-undangan sudah tertulis dan itu wajib diberlakukan,” ucap Rocky.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Samudera Agung Sofyansah mengatakan, kapal baru wajib mengikuti ship trail karena berguna untuk mengecek apakah kapal baru tersebut layak beroperasi apa tidak.

Dari kegiatan tersebut, KMP Agung Samudera IX sudah lolos uji dan siap untuk beroperasi untuk tambahan armada di pelabuhan PT ASDP Ketapang-Gilimanuk. “Tinggal menunggu surat pengesahan saja. Kapal siap untuk beroperasi,” tandas Sofyan. (radar)

loading...