Flash News


Home / Sosial / Luncurkan Gerbang Basmala

Luncurkan Gerbang Basmala

launWONGSOREJO – Jumat pagi (17/5) lalu, suasana di utara Pantai Watudodol, Desa Bangsring, tidak seperti biasanya. Deburan ombak laut yang tenang terasa kontras dengan suasana di sekitar pantai. Di mana, ratusan orang sedang berkumpul di sana. Bahkan banyak di antara mereka yang membawa parang dan sabit. Tapi, tunggu dulu. Mereka berkumpul bukan hendak tawuran atau bertindak anarkis lainnya.

Mereka justru berkumpul untuk bersama-sama mendeklarasikan niat baik membasmi malaria. Ya, acara bertajuk Deklarasi Gerbang Basmala (Gerakan Bangsring Membasmi Malaria) dan kerja bakti terpadu itu sengaja dipusatkan di sekitar pantai kelopoan, Desa Bangsring. Karena di desa ini ada lima lagoon (rawa) yang menjadi sarang berkembangnya nyamuk Anopheles (nyamuk yang menjadi vektor penyakit malaria).

Acara yang digagas oleh Puskesmas Wongsorejo yang bekerja sama dengan Desa Bangsring ini secara resmi dicanangkan oleh Camat Wongsorejo Alief Rachman Kartiono, SE, MM, sebagai kegiatan terpadu dan berkelanjutan untuk membasmi malaria. Khususnya di Kecamatan Wongsorejo. Hadir pula Sudarto SKM, M. Kes dari Dinas Kesehatan Banyuwangi, yang memberikan apresiasi positif atas dicanangkannya Gerbang Basmala ini.

Selain diikuti oleh masyarakat Desa Bangsring sendiri, kegiatan ini diikuti pula oleh beberapa instansi lintas sektor, seperti: Koramil Wongsorejo, Polsek Wongsorejo, Disperhutbun (Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan, BPMPD, BPPP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan), serta beberapa perusahaan swasta yang berlokasi di Desa Bangsring seperti PT. SAA dan PT. Aremix.

Menurut Kepala Puskesmas Wongsorejo, dr. Cincin Hari Purwanti, kegiatan ini bertujuan mendukung upaya pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) 2015. Yaitu MDGs ke-6 (memerangi penyebaran HIV AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya). Hal ini akan dapat tercapai dengan kontribusi dari semua komponen termasuk komponen masyarakat. (radar)

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top