Maiden Alpha Sandar Perdana di Tanjungwangi

0
319
Untuk kali pertama kapal tangker Maiden Alpha yang mengangkut 550 MT premium bersandar di dermaga Tanjungwangi, sore kemarin (15-7).

Angkut 550 Matrik Ton Premium

KALIPURO – Pelabuhan Tanjungwangi disandari kapal raksasa yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, kemarin. Untuk kali pertamanya, kapal motor tangker Maiden Alpha yang mengangkut 550 Matrik Ton (MT) premium merapat di Tanjungwangi.

Sebelumnya, kapal dengan panjang 105 meter tersebut biasa sandar di dermaga Pertamina Tanjungwangi. Berhubung dermaga Pertamina sedang dalam perbaikan, kapal tangker tersebut sandar di pelabuhan Tanjungwangi.

Loading...

Pertamina melakukan keejasama dengan Pelindo III Tanjung Wangi selama enam bulan yang dimulai awal Juli 2017. “Jika dermaga umum Tanjungwangi Overload dan kelebihan tonase, beberapa kapal akan dialihkan ke dermaga TUKS milik PT Pusri,” ujar Manager Operasi dan Komersial PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjungwangi, Tjandra Sukmana.

“Sebelumnya Pertamina telah melakukan kegiatan bongkar BBM berjenis solar. Namun, baru kali ini Pertamina melakukan bongkar BBM jenis premium sebesar 550 Matrik Ton (MT) di Dermaga Tanjungwangi.

“Pertamina Tanjungwangi sedang melaksanakan penggantian struktur baja dermaganya, yang dulunya dua kerangka baja akan dijadikan satu baja,” jelas Tjandra. Menurut data yang diperoleh dari PT. Pelindo, arus kunjungan kapal sampai dengan semester I Tahun 2017 sebanyak 596 unit atau terealisasi sebesar 93,58%.

Meski terjadi tren penurunan jumlah kapal, namun terdapat peningkatan sebesar 113.07 persen pada Gross Tonase atau terealisasi sebesar 2.263.021 GT. “Dalam satu bulan kapal Pertamina yang masuk dermaga Pertamina bisa mencapai 15-16 kapal,” jelas Tjandra.

Sementara itu, General Manager PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjungwangi, Edy Sulaksono mengatakan Pelindo III telah menjalin kerja sama pengamanan wilayah pelabuhan Tanjungwangi dengan TNI-AL sejak Juni 2017.

“Guna memastikan keamanan di wilayah dermaga kami telah menurunkan beberapa personil TNI-AL untuk berjaga,” ungkap Edy. Pertama kali Pertamina melakukan bongkar BBM jenis premium dan kapal bersandar di dermaga Tanjungwangi pukul 16.00 kemarin (15/7).

Kapal Maiden Alpha berbendera Indonesia itu merupakan jenis kapal muatan cair dengan rute pelayaran dalam negeri dengan panjang 105 meter. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :