Pendidikan|March 26, 2012 2:58 am

Membedah Buku Empat Pilar Bangsa

DISKUSI: Nara sumber bedah buku empat pilar bangsa di kampus Untag Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Mahasiswa dan akademisi mengikuti bedah buku Empat Pilar Bangsa, karya ketua MPR RI Taufik Kiemas di kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi pagi kemarin (25/3).

Dalam acara tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untag menghadirkan nara sumber pengurus DPP PDIP Sonny T. Danaparamita, dan mantan Rektor Untag Banyuwangi, Sugihartoyo. “Para mahasiswa itu harus paham dengan empat pilar bangsa,” cetus Sonny T. Danaparamita.

Di hadapan para mahasiswa, Sonny menyebut mahasiswa itu calon pemimpin bangsa. Makanya, nilai-nilai yang ada dalam empat pilar itu harus dimengerti. Program empat pilar bangsa yang meliputi Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan ide besar yang diyakini bisa menjawab berbagai tantangan ideologi dan politik.

“Sebagai calon pemegang estafet kepemimpinan, mahasiswa harus paham,” katanya. Menurut Sonny, mahasiswa harus memahami secara utuh mengenai Pancasila sebagai dasar negara, UUD 45 sebagai dasar konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai sistem sosial. Dengan begitu, dia yakin Indonesia akan menjadi bangsa yang berdaulat dan merdeka seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

“Kondisi bangsa kita belum seperti yang diimpikan oleh para pendiri bangsa,” cetus alumnus Universitas Negeri Jember (Unej) itu. Untuk mewujudkan impian pendiri bangsa, lanjut Sonny, maka mahasiswa perlu menata diri lagi. Dengan posisinya sebagai agent of change, mahasiswa perlu mengasah pengetahuan hingga menjadi golongan intelektual organik yang memanfaatkan ilmunya untuk terwujudnya masyarakat sejahtera. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg
Sudah Baca Ini ..?close