Pendidikan|July 17, 2012 5:07 pm

MGMP IPA Latih Pengembangan Profesi

PELATIHAN: Dari kiri, Edi Siswanto, Sutikno, Widyaiswara, dan M. Jaironi.

PURWOHARJO- Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Ilmu Pengetahuan Alam SMP dalam rangka meningkatkan SDM dan pengembangan karir guru menggelar pelatihan guru-guru IPA se Kabupaten Banyuwangi, kemarin.

Bertempat di SMPN 1 Purwoharjo, puluhan guru dengan antusias menyimak materi dari narasumber Widyaiswara LPMP Jawa Timur. “Kita datangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya,’’ kata Edi Siswanto, ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Banyuwangi.

Edi menjelaskan, sumber dana untuk pelatihan terse-but berasal dari block grand Pengembangan Kar ir P TK Dikdas dan Satladik TNI, yang dikeluarkan oleh P2TK Dikdas Kemdikbud. Sedangkan materi yang disampaikan, di antaranya penyusunan karya tulis ilmiah, yaitu mengenai dasar-dasar dan teknik penulisan KTI.

Selain itu, menjelaskan pengertian karya tulis ilmiah dan langkah-langkah penulisan, serta mengidentifikasi karya tulis ilmiah. Selain itu, juga diberikan materi penulisan artikel, penulisan makalah, dan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). “Setelah mengikuti materi ini diharapkan, peserta memahami dan dapat mengimplementasikan dasar- dasar ilmu yang didapat dalam pelatihan,’’ imbuh Edi.

Sementara itu, Kasi SMP Dinas Pendidikan Banyuwangi Sutikno yang didampingi Ke-pala Sekolah SMPN 1 Purwoharjo Muhamad Jaironi, menyambut baik kegiatan pelatihan untuk guru mata pelajaran IPA tersebut. Sebab, banyak manfaatnya, terutama untuk pengembangan karir guru.

Peran guru sangat dibutuhkan untuk kema-juan pendidikan di Banyuwangi. Untuk itu, para guru wajib meningkatkan SDM untuk mengajarkan ilmu pada anak didiknya. “Jangan sampai guru ketinggalan informasi dan kalah dengan siswanya,’’ pesan Sutikno saat membuka pelatihan. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg
Sudah Baca Ini ..?close