Flash News
Home / Kesehatan / PD Aisyiyah Optimalkan Amal Usaha
  

PD Aisyiyah Optimalkan Amal Usaha

pdBANYUWANGI – Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Banyuwangi punya gawe Ahad kemarin (24/3). Bertempat di aula Masjid Besar Ahmad Dahlan, organisasi kewanitaan Muhammadiyah ini menggelar musyawarah pimpinan daerah (muspimda) periode kepengurusan 2010-2015. Mengusung tema Jelang Satu Abad Gerakan Al Ma’un melalui praksis sosial untuk kemajuan bangsa, kegiatan ini diikuti perwakilan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA), dan Amal Usaha Aisyiyah se-Banyuwangi.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, mengagendakan sejumlah kegiatan yakni laporan dan evaluasi pelaksanaan keputusan musda. Selain itu acara tersebut juga berisi penyusunan rencana tahap kerja berikutnya, masalah organisasi serta persoalan  lainnya yang dianggap perlu. Pada kesempatan itu juga dilaporkan sejumlah keberhasilan yang telah dicapai oleh Aisyiyah. Di antaranya perkembangan Amal Usaha Aisyiyah (AUA) yang ada di bawah naungan organisasi ini. AUA diharapkan selain sebagai usaha pelayanan dari berbagai kegiatan organisasi juga memiliki fungsi sebagai sarana dakwah dan kaderisasi.

Lewat konsolidasi dan koordinasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyuwangi dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) disepakati berdirinya pimpinan cabang Aisyiyah Bangorejo. Capaian lainnya terbentuk PRA khusus Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) gabungan Rogojampi, PRA khusus SMK Muhammadiyah 6 Genteng dan ditambah dengan berdirinya PAUD baru. Berdirinya PAUD ini melengkapi jumlah TK dan PAUD yang ada sebelumnya sejumlah 48 unit.

Selain diisi dengan capaian di amal usaha tersebut, kegiatan ini juga menyampaikan beberapa pelaksanaan program unggulan yang telah dicapai. Di antara program itu meliputi pelayanan kesehatan dan konsultasi reproduksi gratis oleh majelis kesehatan PDA. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali dan tambahan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan. Ditambah lagi dengan catering As Sakinah yang mampu memberikan masukan bagi pendanaan organisasi.

Tidak ketinggalan hasil usaha majelis koperasi berupa penjualan batik juga menjadi support bagi program unggulan yang telah dilaksanakan. Ketua PDA Banyuwangi, Dwi Deritaning Tyas berharap, kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi organisasi dan secara luas bagi Kabupaten Banyuwangi. Dijelaskan, dalam melaksanakan agenda yang telah disusun diperlukan jalinan komunikasi dan kerja sama antar pimpinan baik vertikal maupun horizontal. Dan yang lebih penting, perumusan perencanaan dan pelaksanaan program disesuaikan dengan kebutuhan daerah. “Lewat sini semua diharapkan bisa berperan aktif dan memaksimalkan pencapaian tujuan organisasi,” tegasnya. (radar)

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top