Pemprov Jatim Adopsi Pengembangan Pariwisata BWI

0
140
Hotman M Siahaan (batik ungu) bersama Tim DRD Jatim ditemui Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Banyuwangi Agus Siswanto (kanan) di Iounge pelayanan publik kantor pemkab kemarin.

BANYUWANGI – Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Jatim mengunjungi Banyuwangi kemarin malam (18/10). Mereka datang untuk melakukan riset pengembangan wisata Banyuwangi.

Rombongan DRD Jatim itu dipimpin Ketua DRD Jatim Prof Dr Hotman M. Siahaan. Tim DRD Jatim datang ke Bumi Blambangan untuk melihat langsung kebijakan dan implementasi kebijakan pemkab di bidang pariwisata.

“Kami akan melihat bagaimana kebijakan Banyuwangi mengembangkan pariwisata. Hasil dari pemantauan ini akan menjadi kajian lebih lanjut di Dewan Riset,” ujar Hotman saat berada di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Loading...

Hasil kajian tersebut, lanjut Hotman, dijadikan acuan bagi Pemprov Jatim untuk mengambil kebijakan yang lebih luas. “Hasilnya nanti akan disampaikan kepada Gubernur. Rekomendasi dari DRD ini akan menjadi acuan untuk menjadi dasar pengambilan kebijakan, seperti halnya rekomendasi pemberian bantuan pengembangan dan lainnya,” papar Hotman.

Selain melakukan diskusi langsung dengan para pemangku kebijakan di sektor pariwisata, DRD Jatim juga dijadwalkan mengunjungi Wisata Pantai Cemara, Banyuwangi. Tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Penyu ini menarik perhatian DRD Jatim, karena melibatkan masyarakat secara langsung dalam pengelolaanmya.

“Kami akan mengunjungi Pantai cemara. Ini menarik, karena melibatkan masyarakat langsung mengelola wisata yang berbasis pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Tim dari DRD datang ke Banyuwangi ,sejak Rabu malam (18/10). Mereka langsung diltrima oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko di Pendopo Sabha Swagata Blambangan dalam jamuan makan malam.

Selain meninjau objek pariwasata, tim DRD Jatim juga meninjau longe pelayanan publik dan mal pelayanan publik yang merupakan pusat integrasi layanan publik warga Banyuwangi. (radar)

loading...