Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Pengumuman Kelulusan SMP/MTs, SMA/MA, & SMK Negeri/Swasta 2012

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2011 dan Pedoman Teknis Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012, serta memperhatikan hasil rapat koordinasi dengan Polres Banyuwangi tentang Persiapan Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK dan SMP/MTs, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan pengumuman SMA/MA/ dan SMK pada Hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2012, sedangkan untuk SMP/MTs pada Hari Sabtu, tanggal 2 Juni 2012, oleh satuan pendidikan masing-masing.
  2. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang bersangkutan dalam rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan, melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah Penyelenggara mengetahui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi
  3. Memperhatikan larangan dari POLDA Jatim dan masukan dari organisasi kemasyarakatan, sekolah perlu menetapkan teknis pengumuman agar peserta didik tidak mengekspresikan kelulusan dengan melalukan aksi corat-coret, pawai kendaraan bermotor, atau melalui kegiatan yang mengganggu ketertiban umum lainnya.
  4. Beberapa alternatif teknik pengumuman kelulusan yang dapat dilakukan :
  • Peserta didik tidak dihadirkan di sekolah, yaitu: secara on line lewat web sekolah, melalui SMS Gateway, dikirim dalam amplop tertutup ke alamat orang tua, atau diambil oleh orang tua di sekolah.
  • Jika peserta didik dihadirkan ke sekolah, dapat dilakukan kegiatan seperti : prosesi pelepasan/perpisahan kelas XII, doa bersama (istighosah), atau kegiatan motivasi lainnya.
  1. Guna mempersiapkan seperti tertera pada point 2, Kepala sekolah agar berkoordinasi dengan Polsek setempat.
  2. Masing-masing satuan pendidikan melaporkan rencana pengumuman kelulusan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi c.q. Bidang Pendidikan Menengah

Lebih Lengkapnya Silahkan Download Surat Pengumuman Kelulusan

Kata kunci yang digunakan :