Perajin Souvenir Gandrung Banjir Orderan

0
113
Salah satu perajin souvenir gantungan kunci gandrung menyelesaikan karyanya, kemarin (17/10).

ROGOJAMPI – Perajin souvenir gantungan kunci gandrung di Dusun Krajan, Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi, kini kebanjiran order. Tingginya permintaan itu tidak bisa dipenuhi karena stok yang terbatas.

Loading...

Salah seorang perajin souvenir gandrung, Samsul Hadi, 42, mengatakan setiap seminggu sekali menerima permintaan souvenir gantungan kunci gandrung minimal 500 biji. “Kami kewalahan dan belum bisa memenuhi permintaan pasar yang sangat tinggi itu,” katanya.

Tingginya permintaan souvenir itu, terang dia, karena jumlah kunjungan wisawatan ke Banyuwangi yang sangat tinggi. “Setiap ada Festival Banyuwangi, pesanan juga akan ikut terkerek,” terangnya.

Menurut Samsul, wisatawan banyak yang memburu souvenir gantungan kunci bergambar omprok gandrung itu karena harganya yang terjangkau. Selain itu, gandrung itu salah satu ciri khas kabupaten berjuluk The Sunrise of Java. “Harga gantungan kunci per biji hanya Rp 5.000 sampai Rp 10 ribu,” jelasnya.

Karena permintaan souvenir gantungan kunci yang tinggi itu, kini Samsul mengajarkan teknik pembuatan kerajinan pada para ibu rumah tangga dan remaja yang ada di kampungnya.

Dengan kegiatannya itu, diharapkan mampu memenuhi permintaan pasar. Selain itu, juga bisa menambah lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga. “Pasar sudah terbuka lebar, tinggal bagaimana kita mampu berkarya,” tandasnya.(radar)

loading...