Pohon Pisang Mini, Berbuah Normal

0
241
Loading...
RAJA NANGKA: Pohon pisang berukuran mini berbuah dengan ukuran normal.

CLURING – Pohon pisang unik tumbuh di pekarangan rumah warga Dusun Krajan, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Betapa tidak, tanaman yang oleh pemiliknya diklaim baru tumbuh dua bulan yang lalu, itu kini telah berbuah.

Uniknya lagi, meski batang pohonnya masih sangat kecil, ternyata ukuran buah yang dihasilkan normal. Bang Amak, 80, pemilik pohon pisang jenis raja nangka
tersebut, mengaku tanaman yang tumbuh di pekarangannya itu tumbuh dengan sendirinya alias perujukan .

Dia terheran-heran ketika mendapati tanaman berbatang lunak yang satu, itu tiba-tiba berbuah saat usianya masih sangat muda. “Pohon pisang ini baru tumbuh sekitar dua bulan yang lalu. Dan sejak sebulan terakhir, pohon ini sudah berbuah,” ujarnya kemarin (12/4).

Menurut Bang Amak, pada umumnya pohon pisang baru berbuah saat sudah berusia setahun. Rata-rata, imbuhnya, pohon pisang baru berbuah saat di sekelilingnya sudah ada anakan atau tunas baru. “Tetapi Anda lihat sendiri. Di sekitar pohon pisang milik saya ini, belum ada satu pun anakan. Itu menunjukkan pohon tersebut masih berusia muda,” jlentrehnya.

Yang tidak kalah aneh, sekitar 50 meter dari lokasi tumbuhnya pohon pisang berukuran mini, itu juga tumbuh pohon pisang sejenis yang usianya sudah setahun lebih. Akan tetapi, pohon pisang yang usianya lebih tua, tersebut belum berbuah. “Yang lebih membuat saya terheran-heran, ukuran buah pohon pisang yang diameter batangnya hanya sekitar empat centimeter (cm), itu ternyata nyaris sama dengan ukuran buah yang dihasilkan pohon pisang berukuran normal,” pungkasnya.

Keunikan itu tentu saja mengundang perhatian warga sekitar. Hingga kemarin, banyak warga datang untuk melihat langsung pohon pisang yang tinggi batangnya hanya sekitar 73 cm tersebut. (radar )

Loading...


Kata kunci yang digunakan :