Flash News
Home / Pemerintahan / Raih Adiwiyata Nasional, Songsong Adiwiyata Mandiri

Raih Adiwiyata Nasional, Songsong Adiwiyata Mandiri

raihBANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berkunjung ke SMK Negeri 1 Banyuwangi, Selasa lalu (5/3). Kunjungan ini didasari atas prestasi yang diraih SMKN 1 Banyuwangi. Sekolah ini satu-satunya di Banyuwangi yang telah meraih gelar Sekolah Adiwiyata Nasional. Bahkan pada tahun 2013 ini sekolah telah bertekad untuk meningkatkan grade-nya menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Adiwiyata Mandiri merupakan jenjang penghargaan pengelolaan lingkungan sekolah terti nggi ti ngkat nasional. Penghargaanini akan diberikan jika suatu  sekolah dapat mencapai nilai 95% dari nilai/skor total 80 yang disediakan dalam pengelolaan lingkungan sekolah. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Melihat prestasi yang gemilang itu, Bupati Anas pantas memuji SMKN 1 Banyuwangi.


Diungkapkan Bupati Anas, SMKN 1 Banyuwangi telah memenuhi indicator-indikator sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Di antaranya telah memiliki 16 sekolah binaan yang tersebar di 9 kecamatan di Banyuwangi, tersedianya 60 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari 2,5 hektar lahan yang ada. Selain itu, pengelolaan kebersihan dan keindahan yang melibatkan semua komponen sekolah, tersedianya tempat sampah organik dan an-organik yang cukup.

Yang tak kalah penti ngnya, tersedianya TPS (tempat penampungan sampah sementara), mesin pencacah sampah, komposter, green house, tanaman obat keluarga, kebon bibit, areal hutan sekolah, taman sekolah, dan areal kebun sekolah serta PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) yang memanfaatkan air sungai. ”Kepada para siswa dan semua komponen sekolah ini baik internal maupun eksternal untuk agar turut menjaga lingkungan sekolah ini agar senanti asa hijau dan bersih sehingga secara otomatis Adiwiyata Mandiri akan diraih pada tahun ini,’’ ajak Bupati Anas.

Hadir dalam kunjungan itu, Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Banyuwangi Sulihti yono; Kepala Badan Lingkungan Hidup Hj. Khusnul; Camat, Kapolsek, Danramil Giri, kepalakepala sekolah binaan Adiwiyata beserta ti mnya mulai dari SD, SMP/MTs, SMA dan SMK se-kabupaten Banyuwangi. Kepala SMK Negeri 1 Banyuwangi Karimulah mengatakan, sekolah yang dia pimpin bisa maju seperti sekarang ini karena melalui perjalanan yang panjang dan berkesinambungan.


Sekolah ini berdiri sejak tahun 1968 dan telah dipimpin oleh empat kepala sekolah. ”Kebetulan semuanya sangat peduli dengan lingkungan. Sehingga kondisi lingkungan yang hijau dan rindang seperti ini dapat kami raih dan pertahanankan,’’ ujar Karimullah. Meski Adiwiyata Nasional telah diraih, lanjut Karimullah, pihaknya akanterus berbuat untuk mewujudkan Adiwiyata Mandiri di tahun 2013 dan Echo Asia hingga 5 tahun mendatang. ”Alhamdulillah dukungan dari pihak internal dan eksternal terus mengalir.

Dari komponen internal sekolah telah menunjukkan peran akti fnya dari semua siswa, guru, staf tata usaha dan komite sekolah sehingga sekolah kami seti ap saat terjaga kebersihan dan keindahannya,’’ papar Karimullah. Kadispendik Banyuwangi Sulihtiyono berharap pihak SMK Negeri 1 Banyuwangi dapat mempertahankan prestasinya bahkan meningkatkan terus prestasinya sehingga menjadi sekolah rujukan di Provinsi Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur.

Diungkapkan Sulihtiyono, beberapa waktu yang lalu sekolah ini juga menerima delegasi dari Kabupaten Trenggalek beserta DPRD-nya. Mereka ingin melihat langsung UKS, Badan Perkreditan Sekolah (BPS), pengelolaan lingkungan sekolah. ”Hampir seti ap hari ada sekolah dan lembaga pemerintah lainnya datang ke sekolah untuk melihat dan ngangsu kaweruh bidang pengelolaan lingkungan di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Mulai dari lurah, camat, kepala kantor, perusahaan dan sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP/ MTs, SMA dan SMK Negeri dan Swasta,’’ ungkap Sulihti yono. (radar)

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top