Rp 118,7 juta untuk Abang Becak

0
291
Perwakilan tukang becah menerima zakat peduli berupa uang dan barang dengan total nilai Rp 30 ribu.

BANYUWANGI – Wajah ratusan tukang becak yang mangkal di Banyuwangi berbunga-bunga, sore kemarin. Mereka terlihat sumringah karena mendapatkan alokasi zakat peduli dari Badan Amil Zakat Nasiaonal (Basnas) Banyuwangi.

Ada 342 tukang becak yang mendapatkan alokasi zakat peduli dari Baznas dengan total uang Rp 119,7 juta. Penyerahan dilakukan di pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin (13/6). Setiap abang becak mendapat uang tunai sebesar Rp 100 ribu.

Loading...
Ratusan becak berbaris rapi di jalan raya depan pendapa Sabha Swagata Blambangan.

Selain itu, mereka juga mendapat alokasi zakat produktif berupa kelengkapan becak. Kelengkapan becak tersebut berupa ban dalam, ban luar, tudung becak, serta banner dan sandaran becak.

Belum berhenti sampai di situ, masing-masing tukang becak juga mendapat bantuan bingkisan paket Ramadan berupa sarung dari Baznas Banyuwangi. Ketua Komisioner Baznas Banyuwangi, Samsudin Adlawi mengatakan, penyaluran zakat berupa kelengkapan becak tersebut bertujuan agar becak-becak tersebut seragam dan rapi.

“Selain itu, penumpang akan merasa aman saat naik becak karena para abang tukang becak tersebut di bawah naungan Baznas. Harapannya Sehingga warga semakin tertarik naik becak sehingga penghasilan abang tukang becak tersebut meningkat,” jelas Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi itu.

Samsudin menambahkan, jumlah abang becak yang mendaftar untuk mendapat penyaluran zakat peduli tersebut mencapai sekitar 600 orang. “Namun setelah diverifikasi, pendaftar yang memenuhi syarat sebanyak 342 orang,” cetusnya.

Samsudin menambahkan, apabila para abang becak tersebut konsisten alias tidak mengganti tudung becak dan sandaran becak bertulisan Baznas, ke depan Baznas akan menyalurkan zakat serupa kepada abang becak tersebut. (radar)

loading...