Sampah Bertebaran di Pantai Mustika

0
120
Sejumlah pengelola wisata Pantai Mustika, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran bersih-bersih pantai yang banyak dipenuhi sampah, kemarin (5/11)

PESANGGARAN – Meski sudah memiliki penataan pengelolaan sampah yang baik, tapi sampah masih banyak yang menumpuk di sekitar Pantai Mustika, Dusun Pancur, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kemarin (5/11).

Sampah yang banyak bertebaran di pantai itu, diduga berasal dari laut. Meski setiap hari sudah dibersihkan, tapi sampah masih sering menumpuk di pantai. “lni yang banyak sampah dari laut,” cetus Budi Wahyono, 34, salah satu pelaku usaha wisata di Pantai Mustika.

Loading...

Menurut Budi, perilaku masyarakat baik pelaku usaha maupun pengunjung di Pantai Mustika, sudah menunjukkan kebiasaan yang lebih baik dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. Tapi, itu bukan berarti persoalan sampah sudah selesai. Buktinya, di bibir pantai masih sering dipenuhi sampah yang dibawa air laut. “Masyarakat mulai sadar kebersihan, sampah yang banyak ini dari laut,” jelasnya.

Untuk menjaga kebersihan lokasi wisata, terang dia, para pelaku usaha wisata di Pantai Mustika sudah memiliki jadwal bersih-bersih pantai. Kegiatan itu biasanya dilakukan pada Jumat sore atau Sabtu sore. “Itu dilihat dari banyaknya sampah di pantai,” ungkapnya.

Budi menyebut akhir-akhir ini sampah sangat banyak bertebaran di pantai. Makanya, warga yang terlibat dalam usaha wisata di Pantai Mustika ini terus kerja ekstra dalam membersihkan pantai. “Banyak yang sibuk, tidak semua bisa ikut bersih-bersih,” cetusnya.

Sementara itu, Pj Kepala Dasa Sumberagung, Suryanto yang tinggal di sekitar Pantai Mustika, mengatakan pengelolaan sampah di Pantai mustika sudah cukup baik. Warga sudah menyediakan tempat sampah di sejumlah titik. Di samping itu, warga juga memiliki armada pengangkut sampah hasil bantuan dari pemerintah. “Kalau pengelolaan sudah lumayan baik di sini,” ucapnya.

Dengan pengelolaan sampah itu, jelas dia, kebersihan loka si wisata secara umum sudah terjaga. Jika sampah yang ada di pantai, itu berasal dari laut. “Kalau dari laut ya harus, dibersihkan,” katanya. (radar)

loading...