Sebelum Misa, Polisi Sterilkan Gereja di Banyuwangi

0
229

Perayaan Paskah Berlangsung Aman

BANYUWANGI – Misa Paskah di sejumlah gereja di Banyuwangi berlangsung aman, tadi malam. Sebelum misa dilaksanakan, anggota Sabhara Polres Banyuwangi menyeterilkan gereja dari gangguan keamanan dan ketertiban. Ada tiga gereja yang disisir oleh  satu unit anggota Sabhara Polres Banyuwangi pimpinan AKP Basori Alwi tersebut.

Tiga gereja tersebut adalah Gereja Katolik Maria Ratu Damai, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dan Gereja Kristen Indonesi (GKI).  Pantauan Jawa Pos Radar  Banyuwangi di Gereja Katolik  Maria Ratu Damai, sejumlah anggota Sabhara datang di gereja  yang beralamat di Jalan Jaksa  Agung Suprapto tersebut dengan  membawa peralatan.

Loading...

Ada metal detector, mirror detector, dan  anjing pelacak. Pemeriksaan  yang dipimpin Kabagops AKP Samsudin dan Kasat Sabhara AKP Basori Alwi itu dilakukan  satu jam sebelum misa berlangsung. Jumlah jemaat di gereja  tersebut sekitar 750 orang.

Petugas memeriksa secara teliti dari altar, toilet sampai tempat duduk umat, dan tempat pastor. Halaman gereja, tempat parkir  dan sudut-sudut gereja tak lepas dari pemeriksaan. Anjing pelacak juga mengendus jika ada barang mencurigakan di tempat tersebut.

Petugas memeriksa berbagai lokasi di tempat ibadah tersebut dengan menggunakan alat metal detector. Kasat Sabhara AKP Bashori Alwi  mengatakan, setiap gereja diberi  pengamanan satu peleton anggota polisi. Sebelum umat datang beribadah, anggotanya lebih dulu  melakukan sterilisasi pada sore  harinya.

“Selain menggunakan mirror detector dan metal detector, kami juga mengerahkan anjing K9 untuk menyusuri setiap lorong gereja. Sterilisasi ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal  yang tidak diinginkan,’’ tegas  Basori. Lebih jauh Basori mengatakan, serangkaian kegiatan pengamanan dan sterilisasi ini semata  untuk memberikan rasa aman  dan nyaman bagi umat yang akan menjalankan ibadah Hari Raya Paskah.

“Pemeriksaan yang kami  lakukan tidak hanya di dalam dan di luar gereja, tas yang dibawa  jemaat juga kita periksa. Sejumlah  personel kita tempatkan di dekat pintu masuk untuk memeriksa  barang bawaan jemaat,’’ tandas  mantan Kasatpolair Banyuwangi itu. (radar)

loading...