Senam, Ibu Hamil Bugar

0
713
SENAM SEHAT: Ibu- ibu hamil mengikuti latihan senam kebugaran di RS Al Huda Gambiran.

GENTENG–Instalasi Rehabilitasi Medis Rumah Sakit (RS) Al Huda sebagai penyedia layanan kesehatan rehabilitasi memberikan pelayanan senam ibu hamil. Didukung ruangan yang luas, tenaga instruktur senam terlatih dan pelaksanaan senam hamil sesuai jadwal yang ditentukan, diharapkan mampu menjaga kesehatan dan kebugaran khususnya ibu hamil.

Menurut Rahmad Widiatmoko, AMd, Fisioterapi RS Al Huda, kondisi tetap sehat dan bugar merupakan dambaan setiap ibu hamil. Karena pada umumnya, ibu hamil mengalami perubahan secara fisik dan psikis. “Perubahan fisik yang sering ditemui adalah mudah lelah, tungkai bengkak, nyeri pinggang, kesemutan, bahkan kram pada otot, terutama otot tungkai,” terangnya.

Sedangkan perubahan psikis yang timbul, lanjut dia, biasanya berupa perasaan cemas dan takut dalam menjalani persalinan. Apalagi, jika persalinan pertama. Dijelas- kan, ibu hamil hendaknya melakukan kegiatan fisik yang terbatas dan terarah, karena kegiatan yang tidak terarah dan berlebihan justru akan membahayakan janin yang dikandungnya.

Senam ibu hamil berbeda dengan senam pada umumnya. Senam untuk ibu hamil atau lazim dise- but senam hamil, memiliki gerakan yang sangat mudah dan sesuai untuk kondisi kehamilan. “Senam hamil dilakukan oleh ibu hamil, yang usia kehamilannya lebih dari 22 minggu,” jelasnya. Ditambahkan, tujuan senam hamil adalah mengurangi ketegangan psikis, memperbaiki sirkulasi darah, sehingga jantung dapat menyesuaikan fungsinya yang semakin meningkat saat kehamilan.

Selain itu, melatih pernapasan untuk mengurangi sesak napas, yang sering timbul, dan untuk mempersiapkan proses persalinan. “Juga untuk mengoreksi sikap tubuh, sehingga akan mengurangi keluhan, dan diharapkan letak janin bisa normal, mempertahankan kelenturan sendi, otot, dan ligament, terutama sekitar panggul dan perut. Pemeliharaan payudara untuk persiapan menyusui,” paparnya.

Dengan adanya layanan khusus ibu hamil itu, imbuh dia, harapannya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Se- hingga dalam proses persalinan nantinya dapat berjalan dengan baik. “Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan senam hamil di RS Al Huda dapat menghubungi Rahmad Widiatmoko di nomor 081559630401 atau 0333-842033 Ext. 571,” cetusnya. (radar)

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :