Sosial|June 28, 2012 6:02 pm

Siliragung Jawara Lomba Cipta Menu

BANYUWANGI- Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Banyuwangi menggelar lomba cipta menu makanan di Gedung Wanita Paramitha Kencana, kemarin (27/6). Dalam ajang itu, 24 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kecamatan unjuk kebolehan menyajikan menu terbaik.

Dalam lomba tingkat kabupaten itu, KPP memilih enam juara, yakni juara I, II, III, harapan I, II, dan III. “Masing-masing juara mendapatkan tropi dan uang pembinaan,” ungkap Kepala KKP Made Wicaksana, kemarin siang. Lomba cipta menu kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, lomba cipta menu khusus makanan terbuat dari bahan dasar non beras dan terigu. Praktis, semua menu yang dilombakan berbahan dasar tidak menggunakan bahan dari beras dan terigu. “Bahan dasarnya dari sawi, ubi ungu, dan gembili,” sebutnya.

Pemenang lomba cipta menu akan mewakili Banyuwangi dalam lomba pangan dunia pada Hari Pangan mendatang. Juara I, II, dan III akan berkolaborasi untuk menciptakan menu makanan khas yang terbuat dari bahan dasar non beras dan terigu. Nah, pemenang lomba kemarin adalah PKK Kecamatan Siliragung sebagai sebagai juara I dengan total nilai 680.

Sedangkan juara II diraih PKK Kecamatan Pesanggaran dengan nilai 652. Juara III direngkuh PKK Kecamatan Banyuwangi dengan nilai 637. Lomba cipta menu itu bertujuan me-ningkatkan pemahaman tentang penting konsumsi pangan bagi masyarakat. Selain itu, kata Made, lomba itu digelar untuk merangsang masyarakat kreatif memilih, menciptakan bahan makanan beragam, bergizi, dan aman.

Kegiatan itu untuk me-macu budaya keluarga menciptakan aneka makanan dengan memanfaatkan potensi tanaman di pekarangan. “Potensi ini bisa dikembangkan untuk kebutuhan makanan keluarga,” imbuh Made. Gelar acara lomba cipta menu itu dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwnagi Ny. Minuk Yusuf Widyatmoko dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Selamet Kariyono.

Sedianya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Dani Azwar Anas akan hadir. Namun karena ada acara di luar kota, Dani tidak bisa hadir. Sedangkan Bupati Abdullah Azwar Anas mewakilkan kepada Asisten Pembangunan dan Kesra Suhartoyo. Bupat berhalangan hadir, karena bersamaan acara di luar kota. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg