Pendidikan|April 3, 2013 9:29 am

SMP Negeri 2 Banyuwangi Gelar NSSC

BANYUWANGI – Tekad para pembina Pramuka di Banyuwangi sungguh luar biasa dalam menyiapkan generasi penerus bangsa. Utamanya dalam menanamkan semangat jiwa kebangsaan, patriotisme dan integritas kepada negara. Hal itu terbukti dengan adanya pembekalan intensif bagi para anggota pramuka melalui kegiatan Nationality Super Scout Camp (NSSC) 2013 yang berlangsung 29- 31 Maret lalu di Puslatpur Marinir Karang Tekok, Situbondo. Kegiatan yang digagas Pembina Pramuka SMPN 2 Banyuwangi , Winarno, ini berjalan lancar dan tertib.

Winarno yang juga ketua panitia itu menyampaikan, acara tersebut berjalan baik berkat kerjasama dan kolaborasi para pembina  pramuka di masing-masing gugus depan SMP di wilayah Banyuwangi utara. Kegiatan tersebut merupakan bentuk investasi gerakan pramuka kepada para pelajar untuk menumbuhkembangkan karakter cinta tanah air, patriotisme, rela berkorban kepada bangsa dan negara, demi terwujudnya generasi yang tangguh dan unggul di masa mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu dibimbing langsung instruktur gabungan antara pembina Pramuka dan marinir.

Kepala SMPN 2 Banyuwangi yang sekaligus ketua MKKS SMP Banyuwangi, Supriyadi, menyampaikan acara tersebut merupakan kerjasama antar pembina Pramuka di tingkat SMP untuk bersama-sama mempererat tali persahabatan dan persatuan antar sekolah, utamanya para anggota Pramuka. Dia juga menyampaikan, kegiatan ini untuk meminimalisasi tawuran antar pelajar. Sementara, pembina Pramuka di SMPN 1 Banyuwangi yang sekaligus wakil ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini sangat istimewa karena para peserta dibekali beragam materi.

Di antaranya kepemimpinan, dinamika kelompok, smart achievement spiritual training, out bond, jelajah alam dan nationality character building. Selanjutnya, sekretaris panitia yang juga pembina Pramuka SMPN 5 Banyuwangi, Farid Wajdy menambahkan, kegiatan ini diikuti sekitar 160 peserta dari tujuh sekolah di wilayah Banyuwangi utara. Di antaranya SMPN 1 Banyuwangi, SMPN 2 Banyuwangi, SMPN 3 banyuwangi, SMPN 5 banyuwangi, SMPN 1 Glagah, SMPN 2 Glagah, dan SMPN 1 Wongsorejo. “Nationality Super Scout Camp ini akan dijadikan agenda rutin tiap tahun sebagai bentuk kegiatan gabungan antar SMP di wilayah Banyuwangi Utara. Semoga tahun depan pesertanya semakin banyak. Baik dari sekolah negeri maupun swasta,” pungkas Farid Wajdy.  9radar)

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg
Sudah Baca Ini ..?close