SMS Kunci Jawaban Semakin Marak

0
136
MENYESATKAN: Seorang siswi SMP Negeri di Banyuwangi menunjukkan kunci jawaban unas yang diduga palsu pada telepon seluler kemarin.

BANYUWANGI – Kunci jawaban unas yang menyesatkan terus beredar di kalangan siswa SMP di Banyuwangi kemarin (24/4). Beruntung, sebagian besar siswa tak percaya begitu saja kunci jawaban palsu yang beredar melalui pesan singkat atau short message service (SMS) telepon seluler tersebut.

Masih sama seperti hari pertama, Senin lalu, pesan singkat yang berisi kunci jawaban unas itu sudah beredar malam hari sebelum ujian dilaksanakan. Modelnya dikirim secara berantai dari siswa ke siswa lain. Ada beberapa kejanggalan dalam SMS kunci jawaban mata pelajaran bahasa Inggris, yaitu ada jawaban “e” .

“Mosok kunci jawaban dalam SMS di ponsel itu muncul jawaban huruf “e” . Padahal, soal pilihan ganda hanya menyediakan empat pilihan jawaban, yakni a, b, c, dan d. Tentu saja kami tidak percaya itu,’’ ujar Widodo, 48, seorang wali murid siswi kelas IX SMP yang tinggal di Kelurahan Kebalenan kemarin.

Diberitakan kemarin, SMS berisi jawaban unas sudah beredar di kalangan siswa SMP. Meski demikian, banyak kalangan yang mengabaikan pesan singkat yang diduga palsu tersebut. Sementara itu, unas di hari kedua dengan soal bahasa Inggris berjalan relatif tertib. Jumlah siswa yang absen karena sakit juga sangat minim.

Sayang, hingga berita ini ditulis tadi malam, data siswa yang absen pada hari kedua unas belum masuk ke meja redaksi koran ini. “Mereka yang sakit masih bisa mengikuti ujian susulan mulai Senin depan,” ujar kepala seksi (kasi) SMP pada Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Sutikno. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :