Sudah Dilarang, Jamaah Nekat Masukkan Air Zamzam ke Koper

0
86
Koper milk jamaah di dikumpulkan usai dilakukan pemeriksaan

MAKKAH – Meski sudah dilakukan sosialisasi oleh petugas kloter, sebagian koper jamaah haji asal Banyuwangi terpaksa dibongkar. ltu terjadi lantaran isi koper melebihi batas yang telah ditentukan, yakni di atas 32 kilogram. Bahkan, koper milik jamaah asal Banyuwangi juga ada yang berisi air zamzam.

Tim liputan haji Jawa Pos Radar Banyuwangi, Susi Yurida Irawati melaporkan, sebagian koper milik jamaah terpaksa dibongkar lantaran beratnya melebihi batas yang ditentukan. Pembongkaran itu dilakukan saat sesi penimbangan.

Pengumpulan koper melalui proses timbang batas berat maksimal koper 32 kilogram. Bagi jamaah yang kopernya melampui 32 kilogram terpaksa harus dibongkar agar tidak melebihi batasan.

Di sisi lain, jamaah yang ketahuan menyimpan air zam- zam di dalam tas juga terpaksa harus dikeluarkan. “Bagi jamaah yang lebih awal ada yang memasukkan air zam-zam kedalam koper, setelah ketahuan petugas dan dikeluarkan, jamaah yang mengumpulkan koper terakhir mengeluarkan sendiri air zam-zam,” ungkapnya.

Sembari menunggu waktu kepulangan ke tanah air, kegiatan jamaah haji masih memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. “Hari ini (kemarin), kami salat jumat terakhir di Masjidil Haram, maka kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, mumpung ada di Makkah,” terang Susi Yurida yang tergabung dalam rombongan KBIH Sabilillah.

Susi mengatakan, tawaf wada`sebagsi syarat untuk mengakhiri tinggal di Makkah akan dilakukan pada Sabtu (16/9). Usai salat duhur, jamaah akan melakukan tawaf wada’. Tapi juga ada sebagian jamaah yang sudah melakukan tawaf wada’ usai salat lumat.

Jika tidak ada aral melintang jamaah kloter 35, 36, dan 37 embarkasi Surabaya pada Minggu (17/9) pukul 05.00 Waktu Arab Saudi (WAS) akan berangkat dari hotel menuju bandara King Abdul Azis, Jeddah.

Selanjutnya, pesawat baru akan take off menuju Indonesia pada pukul 15.10 WAS Minggu sore (17/9) dan akan tiba di Indonesia pada pukul 05.45 WIB Senin pagi (18/9). Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, diperkirakan jamaah baru akan berangkat pulang dari Surabaya menuju Banyuwangi pada pukul 09.00 WIB.

Terkait titik penjemputan, jamaah haji KBIH Sabililah seperti tahun sebelumnya akan difokuskan di Hotel Baru 2 Beach Watudodol, Ketapang. “Seperti info yang disampaikan kepada jamaah haji KBIH Sabilillah kloter 35 difokuskan di Hotel Baru 2 Beach Ketapang,” tandasnya. (radar)

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :