Tepis Isu Keracunan Buah Naga

0
150

buah-nagaPESANGGARAN – Beberapa hari terakhir ini masyarakat di sekitar Kecamatan Pesanggaran digagalkan dengan isu warga meniggal akibat keracunan buah naga. Dalam informasi yang menyebar warga yang  meninggal akibat makan buah naga itu berasal dari Desa Sumber mulyo, Kecamatan Pesanggaran.

Akibat isu menyesatkan itu, Kepala Desa (Kades) Sumber mulyo, Subali, dan petugas penyuluh pertanian sempat kelabakan. “Informasi orang meninggal makan buah naga memang ramai, tapi warga kami tidak ada,” cetus Kades Subali.  Gara-gara isu itu, Kades’ Subali mengaku telah mengumpulkan para petani buah naga di desanya. Selanjutnya, mereka diberi penyuluhan.

Loading...

“Pedagang buah naga yang ke desa kami jadi menurun’ katanya. Salah satu penyuluh pertanian, Didin Yuli Lena, mengatakan akibat Isu itu petani mulai diajak mengubah pola perawatan tanaman. Selain itu, dampak buruk isu itu banyak petani yang resah.

” Kita berusaha mengubah pola, kaitannya di pemasaran,” terangnya. Koordinator penyuluh pertanian BPP Kecamatan Pesanggaran, Sugito mengatakan, jenis obat yang digunakan para petani untuk merawat buah naga itu jenis yang lazim digunakan. “Obat tidak sampai meracuni warga yang makan,” ujarnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :