Tidak Idieal, Satu Polisi Jaga 1.591 Warga

0
169
Kekuatan Personel Polres Banyuwangi

BANYUWANGI – Kekuatan personel Polres Banyuwangi yang berjumlah 1.068 orang dinilai tidak ideal dibanding dengan sejumlah penduduk Banyuwangi 1,7 juta jiwa. Dengan kekuatan 1.068 personel itu, maka satu polisi harus mengamankan 1.591 warga.

Padahal sesuai dengan ketentuan internasional, satu polisi hanya mengawasi atau mengamankan 450 warga saja. “Jika mencermati perbandingan jumlah polisi, dari tahun ke tahun mengalami zero growth. Jumlah yang pensiun dlengan yang masuk hampir sama. Sedangkan jumlah masyarakat terus bertambah,” ujar Kepala Bagian (kabag) Sumberdaya (Sumda) Polres Banyuwangi, Kompol Mustaqim.

Mustaqim mengatakan, saat ini personel di Polres Banyuwangi berjumlah 1.068 orang. Jumlah tersebut belum termasuk yang akan memasuki masa pensiun, sakit permanen dan meninggal dunia.

Loading...

Jumlah personel 1068, jika dlbandingkan dengan jumlah masyarakat Banyuwangi yang berjumlah sekitar 1,7 juta jiwa. Maka satu polisi menjaga 1.591 jiwa, padahal baru dikatakan ideal berdasar ketentuan lnternasional yakni satu polisi hanya menjaga 450 orang (jiwa).

Pihaknya juga tidak mungkin menambah person el kepolisian di Polres Banyuwangi ke Polda Jawa Timur mengingat anggota personel kepolisian di Polda dan di masing-masing Polres juga masih tidak ada yang ideal.

Untuk itu, pihaknya lebih mengoptimalkan jumlah anggota personel yang sudah ada. Salah satu Bentuk pengoptimalan itu yakni dengan pelatihan peningkatan profesionalitas dan kemampuan setiap personel.

“Kita bersinergi dengan personel aparat seperti tiga pilar. Serta sinergi dengan seluruh elemen masyarakat,” terangnya. Untuk tahun 2017 saja, lanjut Mustaqim jumlah personel yang purna tugas mencapai 34 orang. 22 orang sudah purna tugas pada periode pertama tahun 2017 bulan Juli, dan pada akhir tahun 2017 ada 12 personel lagi yang akan pensiun.

Jumlah itu juga masih belum termasuk personel yang sakit permanen seperti stroke berat, dan meninggal dunia. “ Jika ketentuan idealnya setidaknya di Polres Banyuwangi ada 1.900 an personel,” jelas perwira satu melati di pundak itu.

Dari seluruh satuan dan bagian yang ada di Polres Banyuwangi, hanya satuan lalu lintas yang mendekati ideal dibanding satuan lainnya. Hal itu mengingat tugas dan tanggung jawab satuan lalu lintas lebih vital dan urgent berkaitan dengan pelayanan publik. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi