Tunggu Alat dari Jerman

0
401
Loading...

GLENMORE – Perkembangan proyek Pabrik Gula Terpadu Glenmore (PGTG) di areal PTPN XII, Kebun Kalirejo, wilayah Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, mulai terlihat bentuknya kemarin (26/8). Dari kejauhan terlihat bangunan tinggi yang kokoh.

Sejumlah peralatan dan mesin yang akan dibuat pabrik gula juga sudah terpasang. Para pekerja tampak serius mengerjakan proyek yang diklaim akan menjadi pabrik gula terbesar di Asia Tenggara itu. “Pengerjaan mencapai 30 persen,” cetus Direktur PT. Industri Gula Glenmore (IGG), Ade Prasetyo.

Menurut Ade, semua komponen material sudah terkirim. Sebagian besar material untuk pabrik gula itu juga sudah terpasang. “Ada juga yang belum terpasang, tapi akan kita kebut,” katanya. Saat ini, terang dia, pihaknya sedang menunggu dua komponen yang cukup penting bagi pabrik gula.

Kedua komponen itu adalah centrifuge (putaran) dan mill (gilingan). “Kedua komponen itu kita impor,” ungkapnya. Untuk komponen centrifuge, jelas dia, dipesan khusus dari Jerman Mesin mill dipesan dari Thailand. Kedua komponen itu harus impor karena belum diproduksi di dalam negeri.

“Kita menunggu mesin dari Jerman dan Thailand,” cetusnya. Ade menyebut, kedua alat yang ditunggu itu berjumlah 12 unit untuk centrifuge dan empat unit untuk mill. Rencananya, alat yang akan mengubah bahan baku gula menjadi butiran kristal gula itu tiba di lokasi sebelum tahun 2016. “Akhir tahun ini sudah ada yang masuk,” katanya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :