Pendidikan|April 20, 2013 2:30 pm

Unas SMP Jauh Lebih Siap

unassmpNaskah Soal Sudah Komplet

BANYUWANGI – Setelah merampungkan ujian nasional (unas) tingkat SMA, MA, dan SMK, giliran unas tingkat SMP/ MTs akan digelar Senin mendatang (22/4). Di Banyuwangi, unas tingkat SMP/MTs akan diikuti 22.365 orang peserta. Jumlah peserta unas tersebut terdiri atas peserta SMP se banyak 15.321 orang, MTs se banyak 6.357 orang, dan peserta paket B sebanyak 687 orang. “Unas SMP/MTs sudah siap 100 persen digelar,” ujar Kepala Di nas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono, kemarin (19/4).

Distribusi soal unas, kata Sulihtiyono, sudah tidak ada per soalan. Soal dan lembar jawa ban sudah berada di gudang penyimpanan Banyuwangi Tadi malam (kemarin malam, Red) naskah soal sudah diambil di Surabaya,” kata Sulihtiyono. Sulihtiyono mengatakan, soal-soal yang sudah diambil ter sebut sudah dicek. Hasil pengecekan itu, diketahui naskah dan lembar jawaban sudah kom plet seratus persen. Pengecekan itu dilakukan, kata dia, untuk mengantisipasi kekurangan naskah soal dan lembar jawaban.

Dengan selesainya pengecekan itu, maka sudah dapat dipastikan soal dan lembar jawaban komplet. Selanjutnya, kata dia, naskah soal itu akan didistribusikan ke setiap kecamatan melalui polsek masing-masing. “Sabtu soal dan lembar jawaban mulai kita kirim ke polsekpolsek untuk diamankan sebelum ujian,” katanya. Pendistribusian ke sekolah-sekolah akan dilakukan pada hari pelaksanaan. Pengambilan naskah soal akan disesuaikan jadwal ujian yang telah disusun. “Teknisnya sama dengan unas SMA. Naskah soal bisa diambil sesuai jadwal,” katanya.

Penyimpanan naskah soal tetap dilakukan di kantor polisi. Penyelenggara tidak boleh menyimpan naskah soal di sekolah. “Pengambilan naskah dilakukan panitia dan didampingi perguruan tinggi dengan pengawalan aparat kepolisian,” katanya. Aturan pelaksanaan unas SMP tidak jauh berbeda dengan unas SMA. Yang membedakan hanya model soalnya. Soal unas SMA terdiri atas 20 paket, sedangkan soal SMP hanya satu jenis atau satu paket saja. “Aturannya sama, lembar jawaban dan naskah soal di tem pel jadi satu,” katanya. (radar)

Komentar Anda

Tags:
  • Share this post:
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • Digg