Untag Jadi PTS Unggulan Jatim

0
275
Universitas 17 Agustus 1945

BANYUWANGi – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi menempati peringkat ke-34 dari 217 perguruan tinggi swasta (PTS) berpredikat madya se Jawa Timur. Urutan pertama hingga 33 di duduki PTS dari kabupaten/kota lain.

Peringkat itu ditetapkan Kopertis wilayah VII Jawa Timur dalam penetapan PTS penerima anugerah kampus unggul dan unggulan PTS tahun 2017, pada 25 April 2017. Rektor Untag Drs Andang Subaharianto, MHum mengatakan, penghargaan atau anugerah yang diberikan Kopertis Wilayah VII merupakan penilaian prestasi kinerja bagi PTS yang dilakukan secara komperehensif selama kurun walau tahun 2016.

Penilaian didasarkan kepada berkas data prestasi PTS dan data terkait baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dasar penilaian, lanjut rektor, adalah tertib administrasi, manajemen sumber dana, serta kualitas bidang dan prestasi bidang.

Keempat butir itu harus ada pada bidang kelembagaan dan kerjasama. Selain itu, bidang pendidik dan tenaga kependidikan, bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, serta bidang pembelajaran dan kemahasiswaan.

“Selain empat bidang tersebut, dasar penilaian juga berasal dari forlap dikti, hasil wasdalbin, data kopertis, dan website lembaga terkait yang kredibel,” jelasnya kemarin. Maksud program penganugrahan kampus unggul itu, imbuh dia, di antaranya mendorong PTS untuk meningkatkan kualitasnya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komuikasi dalam proses belajar mengajar.

Menurutnya, penghargaan tersebut bertujuan memberikan motivasi kepada PTS untuk meningkatkan pengelolaan yang lebih kredibel dan akuntabel. PTS dapat menghasilkan lukisan yang mempunyai akhlak mulia, dapat memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mempunyai daya saing yang tangguh di era global.

“Tujuan lainnya adalah memacu semangat PTS untuk selalu meningkatkan mutu agar menjadi kampus unggul,” sebutnya. (radar)

Loading...
loading...

Kata kunci yang digunakan :