Warga Kalibaru Dukung Rencana Festival Kopi

0
109

KALIBARU – Ada kabar baik bagi warga di Kecamatan Kalibaru yang selama ini dikenal sebagai penghasil kopi. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berencana  akan membuat Festival Kopi pada event Banyuwangi Festival (B-Fest).  Dalam acara panen raya padi orgainik di  Desa Kalibaru Wetan, Bupati Anas mendukung penuh gagasan untuk mempromosikan  produk unggulan seperti kopi.

Loading...

“Kalau perlu ada festival kopi di Kalibaru,” katanya. Menurut Bupati Anas, selama ini kopi itu identik dengan kawasan utara seperti  Kecamatan Licin, Glagah, dan daerah sekitarnya. “Saya pingin tau, rasa kopi Kalibaru itu kalah apa tidak dengan kopi di Licin,” ujarnya.

Pernyataan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banyuwangi itu, direspons oleh Camat Kalibaru, Ahmad Nuril Falah dengan menyatakan kesiapannya menerima tawaran dari bupati  itu. “sudah lama warga dan elemen pendukung  terutama perkebunan, sudah memiliki inisiatif  menggelar festival kopi,” cetus Camat Nuril Falah.

Menurut Camat Nuril, saat ini potensi kopi di Kecamatan Kalibaru cukup lengkap. Selain milik  perkebunan yang memiliki varietas unggulan  dengan kualitas ekspor, di kalangan masyarakat juga banyak yang menenam kopi di lahan sendiri,  atau lahan milik Perhutani.

“Masyarakat kerja sama dengan Perhutani,” ungkapnya. Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan  Kalibaru, Endang Mariana, menyambut baik  rencana festival kopi di Kalibaru itu. “Kita bisa  bersinergi,” cetus salah satu pengusaha hotel  itu pada Jawa Pos Radar Genteng.

Dari sekian banyak potensi yang ada di Kalibaru, Endang menilai kopi merupakan salah satu produk  unggulan yang dimiliki Kalibaru dengan reputasi  internasional. “Kopi itu peringkat satu untuk  komoditas di Kalibaru,” ungkapnya. (radar)

loading...