Berdiri Sejak 1951, Awalnya Bangunan Musala Kecil

0
484

Menghadapi keadaan yang demikian, beliau dengan sabar dan penuh kasih sayang tetap mencurahkan kepada-Nya, beliau berdoa, “Ya Allah Ya Tuhan kami, berilah petunjuk kaum ini, karena sesungguhnya mereka itu belum tahu”. Karena keadaan yang sangat mendesak, maka timbulah kemauan yang kuat pula untuk mendorong mendirikan tempat pendidikan yang permanen, sebagai tempat untuk mendidik para sahabat dan masyarakat sekitarnya yang belum mengenal agama sama sekali.

Pada tanggal 15 Januari 1951 didirikanlah suatu bangunan berupa Mushola kecil yang sangat sederhana, sedangkan bahannya dari bambu dan beratap ilalang, dengan ukuran 7 x 5-M2 . Musala ini diberi nama “DA- RUSSALAM” dengan harapan semoga akhirnya menjadi tempat pendidikan masyarakat sampai akhir zaman. Adapun pesantren secara resmi berbadan hukum dan berbentuk Yayasan yaitu dengan nama “Yayasan Pondok Pesantren Darussalm” dengan akte notaris Soesanto Adi Purnomo, SH. Nomor 31 tahun1978.

Dengan perjalanan panjang KH. Muhtar Syafa’at Abdul Ghofur memimpin pondok pesantren Darussalam, beliau adalah orang yang arif dan bijaksana, dikagumi masyarakat dan diikuti semua fatwanya, sehingga hal ini menambah keharuman nama beliau yang mulia dikalangan masyarakat. Akhirnya tepat pada hari Jumat malam Sabtu tanggal 17 Rojab 1411H / 02 Pebruari 1991 pukul 02.00 dinihari, beliau pulang ke Rahmatullah dalam usia 72 tahun. Dan setiap tanggal 17 Rojab dilaksanakan Haul untuk mengenang jasa- jasa beliau. Untuk perkembangan pesantren selanjutnya diteruskan oleh putra pertama beliau yaitu KH. Ahmad Hisyam Syafa’at dan dibantu oleh adik–adiknya. (RADAR)

Kata kunci yang digunakan :

Lanjutkan Membaca : 1 | 2